Turunkan Berat Badan dengan Konsumsi Buah Manggis

Playxfit – Siapa yang tidak kenal dengan buah manggis? Buah ini merupakan buah yang banyak ditemukan di daerah tropis, termasuk Indonesia. Rasa dari buahnya sangat segar dan mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B2, vitamin C, serat, folat, magnesium, kalsium, dan xanthones yang berfungsi sebagai senyawa antioksidan serta antiradang. Nah, ternyata buah manggis memiliki banyak manfaat, lho terutama untuk menurunkan berat badan kita.

 

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat mengonsumsi buah manggis yang pertama adalah mengontrol kadar gula darah. Menurut penelitian di tahun 2018, kandungan xanthone dan serat dalam buah manggis dapat membantu menjaga kadar gula darah. dalam studi tersebut juga menemukan fakta bahwa wanita obesitas yang mengonsumsi 400 mg ekstrak manggis setiap hari mengalami penurunan resistensi insulin yang signifikan. Adapun resistensi insulin merupakan salah satu faktor risiko kadar gula darah tinggi hingga diabetes.

 

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Khasiat yang kedua adalah menjaga kesehatan kulit. Efek antioksidan dan antibakteri pada buah manggis dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan di journal of clinical biochemistry and nutrition. Dalam penelitian tersebut menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi ekstrak manggis 100 mg setiap hari memiliki elastisitas kulit yang lebih baik. Ia juga mengalami pengurangan senyawa yang menyebabkan penuaan kulit setelah mengonsumsi ekstrak buah tersebut.

 

3. Memiliki Efek Antikanker

Buah manggis juga berfungsi untuk melawan kanker, lho. Senyawa tanaman spesifik pada manggis, termasuk xanthones memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi, yang dapat membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa xanthones dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk di payudara, lambung, dan jaringan paru-paru. Demikian pula, sejumlah kecil studi mengamati bahwa senyawa ini dapat memperlambat perkembangan kanker usus besar dan payudara pada tikus.

 

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang terakhir, buah manggis dapat menurunkan berat badan, sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yangs edang menjalani proses diet ya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi jus manggis 2 kali sehari cenderung memiliki indeks massa tubuh (IMT) lebih rendah. Mengapa? Hal ini dikarenakan buah manggis mengandung zat antiradang yang berpengaruh terhadap peningkatan metabolisme lemak, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berat badan berlebih.