Tips Supaya Tidak Mengantuk Saat Bekerja

 

7 Cara Menghilangkan Kantuk saat Bekerja

Mengantuk saat bekerja adalah hal wajar, tapi hal itu bisa mempengaruhi produktivitas dan kinerja di kantor. Untungnya, ada beberapa cara menghilangkan ngantuk yang mudah dan efektif yang bisa kamu coba.

Saat sedang bekerja, tidak jarang rasa ngantuk muncul. Apalagi jam-jam rawan, seperti setelah makan siang. Nah, biasanya salah satu cara menghilangkan mengantuk yang efektif adalah dengan minum kopi. Namun, tidak semua orang suka kopi.

Mengantuk saat bekerja tentu memberikan konsekuensi yang signifikan. Selain bisa ditegur dan dimarahi atasan, menggantuk dan tertidur di kantor juga akan menggangu produktivitas dan membuatmu melewati deadline. Oleh karena itu, berikut ini ada tips supaya tidak mengantuk saat bekerja.

  1. Minum secangkir Kafein

Kopi merupakan minuman yang banyak dipilih orang sebagai cara untuk menghilangkan ngantuk saat bekerja. Hal ini karena minuman tersebut mengandung kafein, yang merupakan stimulant yang bisa meningkatkan aktivitas otak dan sistem saraf. Namun, bila kamu tidak suka kopi, masih ada beberapa minuman berkafein lainnya, seperti teh hitam atau teh hijau.

  1. Tidur Siang Sejenak

Terkadang, cara menghilangkan ngantuk saat siang hari adalah dengan tidur sejenak. Bila memungkinkan, lakukanlah power nap singkat saat jam istirahat makan siang. Kamu bisa tidur dengan meletakkan kepala diatas meja. Tidur siang selama 15 atau 30 menit bisa memberimu energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Jangan lupa untuk memasang alarm agar kamu tidak kebablasan!

  1. Stretching

Selain mondar-mandir di dalam ruangan, melakukan stretching sederhana juga bisa menjadi cara menghilangkan ngantuk. Cara ini bisa kamu lakukan bila kamu sedang tidak bisa meninggalkan pekerjaan. Meregangkan lengan kesamping secara bergantian, atau menekuk leher kesamping dan memutarnya, bisa mengendurkan otot yang tegang dan menjaga aliran tubuh tetap berenergi.

  1. Dengarkan music bertempo cepat

Bekerja di tempat yang sepi juga bisa memperparah rasa ngantuk, Karena itu, mendengarkan musik, khususnya yang bertempo cepat dan ceria, bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kantuk yang bisa kamu coba.

Itulah 4 tips supaya tidak mengantuk saat kamu sedang bekerja.