Tips Supaya Badan Tidak Bau Saat Olahraga

Tips agar Tetap Wangi Selama Berolahraga

Pada dasarnya aktivitas fisik seperti berolahraga membuat tubuh kita termoregulasi, yaitu usaha tubuh untuk mempertahankan suhu normal. Saat berolahraga, suhu tubuh akan naik akibat beban kerja yang kita berikan pada tubuh. Proses ini membuat kita mengeluarkan keringat sebagai usaha untuk meregulasi suhu tubuh. Ini dia sumbernya keringat yang bikin bau badan. Keringat berlebih bisa memicu bakteri yang menimbulkan bau nggak sedap. Makanya free weight room (ruang angkat beban) di gym biasanya punya bau yang mencengangkan. Maka ada beberapa tips supaya badan tidak bau saat berolahraga.

  1. Mandi sebelum berolahraga

Selalu ingat jika bau badan disebabkan oleh bakteri, bukan keringat. Saat kamu berkeringat, air dari ketiak menguap dan tubuh mengurainya menjadi bakteri. Untuk menghindari bau badan, anda harus mengurangi kehadiran bakteri dengan mandi.

Usahakan untuk mandi sesudah dan sebelum berolahraga. Pastikan juga anda membersihkan bagian lipatan tubuh tempat bakteri sering bersarang akibat keringat, seperti selangkangan, bagian lutut, dan juga kaki.

  1. Mandi dengan sabun anti bakteri

Jika kamu masih menggunakan sabun biasa, segera ganti sabun yang punya manfaat antibakteri. Biasanya, sabun dengan klaim antibakteri memiliki formula yang bisa menghilangkan bau BO (body odor) dengan efisien.

Ingat, bau badan tidak hanya bersumber pada ketiak pastikan juga kamu membersihkan bagian tubuh lainnya. Jangan lupa juga untuk mengeringkan badan dengan sempurna karena bakteri suka dengan tempat lembap.

  1. Bawa handuk kecil

Jika kamu sedang berolahraga, jangan lupa untuk selalu membawa handuk kecil untuk mengelap keringat. Gunakan handuk ini buat menyeka lipatan tubuh yang jadi sumber keringat berlebih dan bau. Pastiin lo pake handuk dengan bahan katun ringan yang menyerap keringat namun mudah kering. Jangan lupa untuk mencuci handuk tersebut segera setiap selesai latihan.

  1. Pilih pakaian yang menyerap keringat

Salah satu penyebab bau badan saat olahraga adalah pemilihan pakaian yang kurang tepat. rule of thumb: Pilih bahan yang bisa menyerap keringat dengan baik karena ketika keringat terserap dengan baik, bakteri pada tubuh lo nggak bisa berkembang biak sesuka hati dan sesuaikan dengan olahraganya.

Meskipun kaus katun lebih nyaman buat olahraga, tapi katun bukan pilihan yang tepat untuk olahraga berat yang bikin berkeringat.

Itulah tips yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi bau badan saat berolahraga.