Tips Merawat Rambut Keriting agar Tidak Mudah Lusut

5 Cara Mengurai Rambut Kusut yang Benar, Jangan Ditarik Paksa - Semua  Halaman - Grid Health

Bagi anda pemilik rambut keriting, mungkin sering dihadapi dengan masalah rambut kusut yang sulit untuk ditata. Padahal, cara merawat rambut keriting bukanlah hal yang sulit. Dengan menerapkan cara ini, rambut keriting anda akan lebih mudah diatur dan sama indahnya dengan rambut lurus.

Rambut menjadi kering bila kulit kepala tidak memproduksi cukup sebum. Sebum merupakan minya alami yang diproduksi oleh kulit kepala. Fungsinya adalah untuk menjaga rambut tetap lembap dan lembut, sehingga tidak mudah kusut. Kondisi kusut ini disebabkan oleh gesekan antara helaian rambut yang kurang terlumasi minyak. Berikut ini ada tips cara merawat rambut keriting agar tidak mudah kusut.

  1. Terlalu sering keramas

Sampo memang diformulasikan untuk membersihkan kelebihan minyak dan kulit kepala. Namun, jika digunakan setiap hari, shampo dapat menghilangkan minyak alami rambut sehingga membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Rambut keriting lebih rentan mengalami kekeringan, sehingga tidak disarankan untuk dikeramas setiap hari.

Meski demikian, frekuensi mencuci rambut tetap dipengaruhi faktor lain, misalnya paparan polusi, melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat, dan cuaca. Bila rambut dan kulit kepala sudah terasa berminyak dan kotor, ini artinya sudah saatnya untuk mencuci rambut.

  1. Pilih Shampo sesuai dengan tipe rambut

Kebanyakan shampo yang dijual di pasaran mengandung detergen sebagai bahan pembersih utama. Deterfgen bekerja dengan cara mengikat kotoran dan sebum, namun zat ini dapat merusak rambut.

Agar rambut keriting tidak mudah kusut, pilihlah shampoo tanpa kandungan detergen sebagai cara merawat rambut keriting.

  1. Selalu gunakan conditioner

Conditioner membantu mengembalikan kelembapan dan kelembutan rambut usai penggunaan sampo. Gunakan conditioner dari batang sampai ujung rambut, lalu diamkan selama beberapa saat. Pilih conditioner yang mengandung vitamin E atau shea butter agar rambut keriting tidak cepat kusut.

  1. Keringkan dengan lembut

Mengeringkan rambut dengan cara menggosok-gosokkan handuk pada kulit kepala justru membuat rambut jadi mudah kusut dan tentan patah. Keringkan rambut menggunakan handuk katun dengan cara ditekan-tekan agar menyerap kelebihan air. Selanjutnya, sisir secara perlahan agar rambut tidak mudah rontok.

Itulah 4 tips cara merawat rambut keriting agar tidak kusut.