Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Sakit

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Penyakit - Alodokter

Seperti peribahasa bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, sudah sepatutnya kita mengetahui cara menjaga kesehatan tubuh supaya terhindar dari penyakit. Menjaga kesehatan tubuh sebenarnya dapat dilakukan dengan cara sederhana. Namun, hanya kita saja yang perlu konsisten dalam melakukannya.

Menerapkan pola hidup sehat merupakan langkah utama yang perlu anda lakukan untuk menjaga kesehatan. Meski beberapa orang susah untuk memulainya, hasil dari pola hidup sehat akan membuat kesehatan tubuh lebih terjaga. Berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan tubuh agar tidak sakit.

  1. Olahraga rutin

Tetap aktif melakukan olahraga secara rutin akan membuat tubuh menjadi bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Orang dewasa (18-64 tahun) setidaknya membutuhkan aktivitas fisik selama 150 menit setiap minggunya. Tidak hanya menjaga kesehatan fisik, olahraga rutin juga membantu anda menjaga kesehatan mental dengan mengurangi stress.

  1. Tidur Cukup

Terdapat hubungan kuat antara kualitas tidur dengan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, ketika beristirahat, tubuh akan membersihkan racun dan mengembalikan energi. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh akan lebih terjaga. Kurang tidur akan meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes tipe dua, jantung, obesitas, hingga depresi.

  1. Makan buah dan sayur

Ketika mengambil makanan, jangan hanya fokus pada pemenuhan karbohidrat saja. Cobalah untuk memenuhi piring dengan berbagai gizi, termasuk melengkapinya dengan mengonsumsi buah dan sayur. Mengutip dari situs World Health Organization (WHO), orang dewasa setidaknya membutuhkan 400 gram asupan buah dan sayur setiap harinya. Selain sebagai lauk, Anda bisa menggunakan sayur dan buah sebagai camilan sehat, seperti salad atau smoothie bowl. Dengan asupan makan yang sehat, anda bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

  1. Konsumsi vitamin tambahan

Beberapa orang mungkin membutuhkan vitamin tambahan untuk memenuhi asupan gizi setiap harinya. Contohnya, jika anda masih kekurangan vitamin D meski sudah mengonsumsi sumber makanannya, suplemen bisa dijadikan tambahannya. Meski begitu, usahakan untuk membicarakan dengan dokter terlebih dahulu terkait jenis suplemen yang Anda butuhkan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh anda.