Tips Menjaga Kesehatan Mata

7 Cara Menjaga Kesehatan Mata - Alodokter

Menjaga kesehatan mata adalah hal yang penting untuk dilakukan. Pasalnya, bagian tubuh ini tergolong penting untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Sayangnya, tidak banyak orang memiliki kesadaran tinggi untuk menjaga kesehatan mata mereka. Hal itu kemudian bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan penglihatan

Saat mata sudah mengalami gangguan atau masalah, cara mengatasinya tidak akan mudah. Bahkan, beberapa jenis kerusakan mata bisa berdampak negatif. Padahal, menjaga kesehatan adalah hal yang tidak dulit untuk dilakukan. Lantas, apa saja tips menjaga kesehatan mata?

  1. Konsumsi makanan sehat

Siapa sangka, asupan makanan sehari-hari ternyata bisa memengaruhi kesehatan mata kita. Agar indra penglihatan kita selalu sehat, cobalah rutin untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan E, asam lemak omega 3, zink, lutein. Kamu bisa mendapat kandungan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi beberapa makanan, seperti sayur, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, blackberry, dan jeruk.

  1. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok nyatanya tidak hanya mengganggu kesehatan paru paru dan jantung saja, tetapi juga memicu gangguan pada mata. Asap rokok yang mengenai mata disebut bisa memicu risiko terjadinya katarak, degenerasi macula, dan kerusakan saraf optic yang bisa menyebabkan kebutaan serta merusak retina.

  1. Kacamata Pelindung

Menjaga kesehatan mata salah satunya bisa dengan menggunakan kacamata, terutama saat sedang beraktivitas diluar ruangan atau didepan computer. Aagar tidak mudah merusak mata, kamu bisa menggunakan kacamata anti radiasi jika harus bekerja dalam waktu yang lama didepan computer. Sementara saat beraktivitas dibawah matahari Terik, pastikan selalu menggunakan kacamata hitam. Tak hanya untuk bergaya, kacamata hitam ternyata bisa membantu menghambat paparan ultraviolet dari matahari ke mata.

  1. Rutin periksa mata

Rutin melakukan pemeriksaan pada mata juga bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah kerusakan. Sebab, pemeriksaan mata bisa memantau kondisi bagian tersebut dan gangguan atau masalah kesehatan yang muncul bisa segera dideteksi. Disarankan bagi orang yang berusia lanjut ataupun muda, baik pria maupun wanita harus rutin memeriksakan mata ke dokter spesialis mata sekurang-kurangnya 2 tahun sekali.

Itulah tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata.