Tips Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

9 Tips Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut – RS JAKARTA

Peran Gigi dan mulut sanagtlah penting bagi kehidupan kamu, kamu menggunakan gigi dan mulut setiap hari untuk makan, minum, berbicara, tersenyum, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa kita perlu menjaga kesehatan Gigi dan mulut. Memiliki gigi dan mulut yang sehat tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri kamu saja, tetapi juga membantu kamu menikmati makanan lebih baik, dan penting juga untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan merawat gigi dan mulutmu kamu bisa terhindar dari masalah gigi dan medis. Simak beberapa cara menjaga kesehatan gigi dan mulut agar tetap bersih dan sehat.

  1. Sikat gigi dua kali sehari

Kamu pasti sudah tahu , untuk mendapatkan gigi yang bersih dan sehat kamu perlu menyikat gigi dua kali sehari. Namun, apakah kamu tahu bagaimana cara menyikat gigi dengan benar?

Menyikat gigi sebaiknya jangan dilakukan dengan terburu-buru. Luangkanlah waktu dua menit untuk membersihkan gigimu secara keseluruhan. Sikatlah gigi dengan lembut dan perlahan dengan gerakan melingkar bolak-balik untuk menghilangkan plak. Plak yang tidak dibersihkan bisa mengeras dan menyebabkan penumpukan karang dan gingivitis (penyakit gusi dini)

  1. Jangan lupa bersihkan lidah

Saat sedang membersihkan gigi, jangan lupa untuk membersihkan lidah dengan sikat gigi atau dengan pembersih lidah. Pasalnya, plak juga dapat menumpuk di lidahmu. Bila tidak dibersihkan, hal itu dapat menyebabkan bau mulut dan juga masalah kesehatan mulut lainnya.

  1. Gunakan Pasta Gigi Berflouride

Ketika berbicara tentang pasta gigi, sebenarnya ada elemen yang lebih penting dari pada pemutih dan rasa. Apapun pasta gigi yang menjadi pilihan kamu, pastikan jika pasta gigimu mengandung flouride. Hal ini dikarenakan flourid adalah pertahanan utama terhadap kerusakan pada gigi. Kandungan ini mampu melawan kuman yang menyebabkan pembusukan, serta memberikan penghalang pelindung untuk gigi kamu.

  1. Berkumur dengan obat kumur

Menggunakan obat kumur juga bisa membantu menjaga gigi dan mulut. Cairan tersebut bekerja dalam 3 cara, yaitu mengurangi jumlah asam di mulut, menembalikan mineralisasi gigi, dan membersihkan area yang sulit dibersihan oleh sikat gigi.

Itulah 4 Cara Untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Jika ingin gigimu sehat jangan terlalu banyak makan-makanan manis, karena makanan manis mudah untuk merusak gigi.