Tips Mengatasi Panas Dalam Yang Efektif

7 Cara Mengatasi Panas Dalam yang Efektif - Alodokter

Cara mengatasi panas dalam bisa dilakukan dengan sederhana. Anda cukup mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, serta mengubah gaya hidup yang lebih sehat. Tak hanya mudah dilakukan, cara ini juga terbukti efektif mengatasi panas dalam.

Panas dalam sebenarnya bukanlah suatu penyakit. Istilah ini digunakan oleh Masyarakat untuk menggambarkan Kumpulan gejala dari kondisi yang menyerang tenggorokan, seperti iritasi tenggorokan, infeksi salrusan napas, atau GERD.

Panas dalam biasanya ditandai dengan tenggorokan kering, gatal, serta terasa nyeri saat menelan dan berbicara. Kondisi ini juga dapat disertai dengan batuk, pilek, bibir pecah-pecah, demam. Nah, berikut ada beberapa tips mengatasi panas dalam dengan efektif.

  1. Minum air putih yang cukup

Cara efektif pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi panas dalam adalah minum air putih yang cukup. Cara ini dapat melembapkan tenggorokan, sehingga terasa lebih nyaman. Selain itu, minum air putih juga dapat mencegah dehidrasi yang justru bisa memperburuk nyeri tenggorokan karena panas dalam. Meskipun dianjurkan untuk minum banyak, sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein dan bersoda.

  1. Konsumsi makanan yang nyaman di tenggorokan

Panas dalam biasanya juga dapat menurunkan nafsu makan karena kondisi ini akan membuat proses menelan makanan menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasinya konsumsilah makanan yang hangat, berkuah, atau bertekstur lembut seperti sup atau bubur.

  1. Istirahat yang cukup

Saat panas dalam, anda disarankan untuk mengurangi aktivitas dan perbanyak istirahat agar cepat pulih. Agar istirahat makin berkualitas, upayakan tidur dalam posisi miring ke kiri. Posisi tidur ini dapat mencegah asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan nyeri.

Anda sebaiknya juga mengistirahatkan suara dengan tidak berbicara terlalu keras atau tidak banyak bicara selama beberapa hari.

  1. Minum air madu hangat

Minum secangkir air madu hangat bisa menjadi obat herbal untuk mempercepat penyembuhan panas dalam. Sifat antibakteri pada madu mampu menggurangi iritasi pada tenggorokan dan meredakan batuk panas dalam. Selain itu, medu juga dapat meningkatkan produksi lender dan air liur sehinggga tenggorokan menjadi lebih lembap.

Itulah 4 tips mengatasi panas dalam yang efektif.