Tips Mengatasi Overthinking yang Kerap Disepelekan

Untuk Mental Kuat, Ini 5 Tips untuk Hentikan Overthinking

Penting bagi kita untuk tahu cara menghilangkan overthinking yang sering kali disepelakan. Sebab, menghilangkan overthinking bisa menjaga kesehatan mental kamu.

Berpikir adalah hal yang esensial bagi manusia. Namun, berpikir berlebihan atau overthinking justru dapt berdampak negatif pada kesehatan mental. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara menghilangkan overthinking sebelum terlambat.

Overthinking adalah kebiasaan tidak sehat yang biasanya menyebabkan lebih banyak stres dengan berfokus pada hal negatif, memikirkan masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan. Alih-alih memecahkan masalah, kamu hanya akan merenungkan suatu masalah tanpa menemukan Solusi logis.

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi overthinking yang kerap disepelekan.

  1. Alihkan Perhatian

Daripada hanya memikirkan masalah untuk waktu yang tidak terbatas, kamu dapat mengalihkan perhatian kamu sebentar. Otak mungkin menemukan cara yang lebih baik untuk mencari Solusi di latar belakang saat kamu terganggu dengan tugas lain. Distraksi atau mengalihkan perhatian sebentar dapat memberi kamu istirahat. Ini juga mungkin membuat pikiran kamu terfokus kepada sesuatu yang lebih produktif.

  1. Meditasi

Meditasi bisa menjadi alat yang sangat baik untuk mengarahkan pikiran pada hal yang lebih positif. Saat sedang bermaditasi, berfokuslah pada pernapasan. Tujuannya bukan untuk menjernihkan pikiran, melainkan untuk memfokuskannya pada sesuatu dan berlatih mengarahkan kembali fokus kamu setiap kali pikiran mengembara. Dengan Latihan, kamu justru akan merasa jauh lebih mudah untuk berhenti memikirkan hal yang negatif yang belum terjadi.

  1. Berikan waktu diri sendiri

Otak dan tubuh membutuhkan waktu untuk berpikir dan mencerna tentang kejadian atau ketakutan yang dialami. Karena itu, berikan waktu untuk diri sendiri sekitar 30 menit. Kemudian, luangkan waktu untuk mencari solusi. Untuk hal-hal yang tidak dapat dikendalikan seperti reaksi atau perkataan orang lain tentang diri, berusahalah untuk tidak menjadikannya sebagai beban pikiran.

  1. Mnecari tahu pemicunya

Cara mengatasi overthinking yang paling utama yakni mencari tahu penyebabnya. Setelah mengetahui akar permasalahan, kamu bisa mencari solusi untuk menyelesaikan pemicu dari overthinking.

Itulah 4 tips mengatasi overthinking yang sering kali kerap disepelekan.