Tips Mengatasi Keringat Berlebih

8 Hal Yang Mungkin Sebabkan Keringat Berlebih Dan Cara Mengatasinya |  Lifebuoy Indonesia

Tubuh kita biasanya berkeringat saat panas, marah, stress, atau sedang beraktivitas. Tapi, ada kalanya keringat yang dikeluarkan tubuh cukup banyak dan mengusik kenyamanan kita. Keringat berlebih atau hyperhidrosis biasanya terjadi pada ketiak, telapak tangan, atau badan. Kondisi tersebut membuat sebagian orang menjadi tidak percaya diri atau minder. Pasalnya, kerap mengganggu penampilan. Terkadang juga disertai bau tak sedap. Nah, berikut ada beberapa cara untuk mengatasi keringat yang berlebih.

  1. Gunakan antiperspirant

Sebagian besar antiperspirant mengandung garap aluminium. Zat aktifnya bekerja cepat mencegah keringat berlebih dengan menghalanginya keluar. Beberapa deodorant antiperspirant memang mudah ditemukan, namun jka belum manjur anda bisa meminta resep kepada dokter. Jangan hanya mengoles atau menyemprotkan antiperspiran pada pagi hari saja. Bila perlu, aplikasikan antiperspiran sebelum tidur. Agar bagian tubuh yang berkeringat tetap kering.

  1. Pilih pakaian yang nyaman

Untuk kita yang tinggal di negara tropis, jangan gunakan pakaian yang menggunakan bahan tidak bisa menyerap keringat. Pilihlah pakaian yang materialnya bisa membuat kulit bebas bernapas, seperti kain katun. Jangan lupa juga untuk membawa kaos atau pakaian ekstra, untuk berjaga-jaga saat tubuh merasa kegerahan.

  1. Mandi tiap hari

Bangunlah kebiasaan mandi setiap hari menggunakan sabun anti bakteri. Tujuannya, untuk mengontrol keringat berlebih dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan tak sedap. Setelah mandi, keringkan tubuh hingga benar-benar tuntas. Bagu gunakan antiperspirant agar efektif mencegah keringat berlebih.

  1. Hindari makann pedas

Makanan pedas seperti cabai, jahe, lada, hingga minuman panas dapat menyebabkan tubuh menjadi berkeringat. Saat mengonsumsi makanan pedas, tubuh kita menerima respon seperti Tengah mengalami stress atau trauma. Tubuh pun berkeringat.

  1. Tindakan medis

Ketika beberapa cara sederhana di atas tidak mempan, dokter akan merekomendasikan terapi atau pengobatan untuk mengatasi keringat berlebih. Beberapa alternatifnya lewat suntik botox, pemberian obat antikolinergik, sampai operasi kelenjar keringat.

Itulah beberapa tips untuk mencegah keringat berlebih.