Tips Menerapkan Pola Makan Sehat

Cara Mengatur Pola Makan Sehat untuk Dapatkan Tubuh Ideal

Menerapkan pola makan sehat adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Adapun, pola makan sehat adalah aturan hidup sehat dalam mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan gizi harian. Asupannya pun bervariasi, tergantung dengan usia, jenis kelamin, gaya hidup, kegiatan, dan tempat tinggal.

Berkaitan dengan jumlah nutrisi harian, kamu dan keluargamu dapat mendiskusikan langsung dengan dokter spesialis gizi. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui program dan langkah penanganan gizi yang tepat, terutama jika memiliki kondisi kesehatan tertentu. Kamu perlu memperbanyak asupan serat dari sayuran, buah, atau gandum utuh. Berikut tips menerapkan pola makan sehatmu.

  1. Sarapan adalah hal utama dalam pola makan sehat

Sarapan menjadi prinsip utama dalam menjaga pola makan sehat. Ini adalah aktivitas yang paling penting dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi saat beraktivitas. Sarapan tak hanya memberi tenaga saja, tapi juga dapat mendukung kesehatan tubuh keseluruhan dan menjaga fokus saat bekerja. Kamu bisa mengonsumsi telur, susu, dan kacang-kacangan untuk sarapan.

  1. Selipkan sayuran dalam menu makanan

Sayuran kaya akan serat dan vitamin yang baik untuk tubuh. Idealnya, kamu perlu mengonsumsi setidaknya 5 porsi sayuran dan buah setiap harinya. Sayangnya, tak sedikit orang yang merasa keberatan mengonsumsi sayur dalam jumlah banyak. Padahal, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menyiasati hal ini. Misalnya, mengganti pasta dengan zucchini iris tipis panjang atau giling kembang kol dalam food processor sampai terlihat seperti nasi.

  1. Pilih camilan tinggi protein

Jika kamu hobi nyemil, pilihlah camilan yang memiliki tinggi protein. Nutrisi ini bisa membuat kamu tambah kenyang lebih lama ketimbang karbohidrat. Rekomendasi camilan yang sehat yang bisa menjadi pilihan adalah telur rebus, Greek Yogurt, kacang-kacangan, atau ayam tanpa kulit.

  1. Menentukan porsi makan

Tubuh yang lapar dapat menimbulkan keinginan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang besar. Jadi, sebaiknya hindari menunda makan atau makan saat sudah lapar. Sebab, hal ini dapat meningkatkan asupan kalori pada tubuh yang dapat meningkatkan resiko berbagai masalah kesehatan.

Itulah 4 Tips Menerapkan Pola Makan sehat yang bisa kamu terapkan dalam kehidupanmu sehari-hari.