Tips Menenangkan Hati dan Pikiran saat Suasana Hati Buruk

6 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran, Agar Tidak Stres Serta Emosi

Bad mood adalah istilah untuk menggambarkan perasaan atau suasana hati seseorang yang sedang buruk, marah, atau tidak senang. Perasaan ini merujuk pada ketidakpuasan atau ketidaknyamanan emosional yang dapat terjadi akibat sejumlah faktor. Misalnya seperti stress, kelelahan, frustasi, atau masalah pribadi.

Namun, apapun penyebabnya, bad mood atau suasana hati yang sedang buruk tentu perlu segera diatasi. Sebab, jika terjadi berkepanjangan, tentunya bad mood juga bisa berdampak langsung pada kesehatan mentalmu. Karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara menenangkan hati dan pikiran ketika merasakan perasaan ini. Berikut caranya

  1. Tidur dengan durasi yang cukup

Ketika bad mood, pilihan terbaik yang bisa kamu ambil adalah dengan beristirahat dan tidur. Kedua hal ini tidak diragukan lagi dampaknya. Sebab, pada aspek psikologis, ada hubungan antara kurang tidur dan sifat mudah tersinggung sekaligus suasana hati yang buruk. Tak hanya itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan kamu depresi dan kecemasan. Karena itu, penting untuk memenuhi durasi waktu tidur yang cukup, terlebih ketika sedang bad mood.

  1. Tarik napas dalam-dalam

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki suasana hati adalah dengan menarik napas dalam-dalam. Caranya, coba pejamkan mata dan tariklah nafas melalui hidung, kemudia hembuskan melalui mulut. Lakukanlah secara perlahan dan berulang kali hingga suasana hati membaik.

  1. Berolahraga

Olahraga adalah cara alami untuk melepaskan endorfin, yang digambarkan sebagai penangkal hormonal otak kita terhadap rasa sakit dan stress. Sebab, pelepasan endorfin dapat membantu melawan suasana hati yang buruk. Beberapa orang dengan mudah menggunakan Latihan fisik untuk melepas stress dan meningkatkan suasana hati.

  1. Mendengar music

Mendengarkan music juga bisa menjadi salah satu cara untuk menenangkan suasana hati dan pikiran. Saat mendengarkan music favorit, aktivitas ini pun secara tidak sadar akan meningkatkan suasana hati, mengurangi stress, hingga membantu menurunkan tekanan darah. Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa terapi musik bisa mengurangi depresi dan kecemasan, sehingga mampu memperbaiki mood, harga diri, serta kualitas hidup.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan hati saat kamu sedang bad mood.