Tips Membuat Tulisan Tangan Lebih Bagus dan Rapi

7+ Cara agar Tulisan Bagus dan Rapi, Coba Ajarkan Si Kecil! | Orami

Pada era digital seperti ini, kemampuan untuk menulis tangan semakin terpinggirkan dengan mengetik pada perangkat elektronik, seperti ponsel dan laptop. Namun, dalam beberapa kesempatan, kemampuan menulis tangan dapat dibutuhkan, misalnya hendak menulis kartu ucapan untuk orang tua, pasangan, atau teman dekat. Nah, apabila anda masih merasa tulisan tangan saat ini kurang sedap dipandang, berikut ada beberapa cara untuk membuat tulisanmu menjadi rapi dan lebih bagus.

  1. Pilih pena yang gampang digenggam

Pilihlah pena atau pensil yang nyaman saat digenggam atau digerakkan selama menulis. Hindari pena yang terlalu berat atau yang terlalu ringan karena bisa mengganggu Teknik tulisan. Penting juga untuk mengetahui jenis-jenis pena. Ada ballpoint pen (bolpoin) untuk menulis catatan, gel pen untuk menulis kartu ucapan, hingga fountain pen untuk menulis sertifikat. Tiap jenis dan ukuran pulpen memiliki tujuan penggunaan yang berbeda. Penting untuk memilih pulpen yang tepat agar tulisan Anda terlihat bagus, rapi, dan mudah dibaca.

  1. Gunakan kertas dengan garis bantu

Untuk berlatih menulis bagus, anda membutuhkan kertas tulis atau HVS yang tidak terlalu licin dan mudah menyerap tinta pena. Gunakan juga kertas bergaris sehingga dapat membantumu membuat tulisan yang lebih rapi. Pastikan garis yang digunakan tidak terlalu rapat sehingga tulisanmu terlihat jelas dan rapi.

  1. Jangan menekan pena terlalu keras

Jangan menekan pena ketika sedang menulis. Kebiasaan ini dapat membuat tangan menjadi cepat Lelah dan membuat tulisan menjadi tidak teratur. Beberapa orang menulis tangan dengan cepat untuk mengikuti kecepatan mengetik dengan ponsel atau laptop. Sebaiknya, hindari cara menulis seperti ini.

Tulisan tangan cepat terkadang dibutuhkan saat ujian atau membuat notula rapat. Akan tetapi, selalu pastikan tulisan tersebut masih bisa dibaca dan dipahami oleh orang lain.

  1. Periksa kembali tulisan tangan anda

Cobalah ambil pena dan secarik kertas, kemudia tulislah alfabet dalam huruf kapital dan kecil. Fokuskan perhatian Anda pada alfabet yang bermasalah, seperti penulisan huruf “Q” yang bisa saja mirip seperti “O”. Begitu pula dengan kesalahan lain yang perlu diperbaiki.

Periksa kembali tulisan tangan yang Anda buat sebelumnya. Selanjutnya, lihatlah apakah ada kesalahan penggunaan spasi atau tanda baca yang bisa membuat tulisan susah dipahami.

Itulah beberapa tips agar tulisan tangan menjadi lebih bagus dan rapi.