Tips Membuat Jadwal Harian Agar Hidup Lebih Produktif

5 Cara Membuat Jadwal Harian Supaya Tetap Produktif | Republika Online  Mobile

Salam kehidupan sehari-hari, sebagain besar dari kita dihadapkan pada berbagai tugas dan tanggung jawab yang mesti di selesaikan. Namun seringkali hal tersebut tidak bisa diselesaikan karena berbagai hal. Misalnya, karena kurang disiplin atau malas.

Maka dari itu, jadwal harian sangat diperlukan sebagai control agar semua keseharian bisa diatur dengan disiplin dan teratur. Alahsil, semua tugas dan kegiatan bisa diselesaikan sesuai dengan waktu yang direncanakan. Memiliki jadwal harian juga dapat membantu tujuan yang diinginkan dengan tepat waktu. Berikut ini ada beberapa tips membuat jadwal harian agar hidup lebih produktif.

  1. Prioritaskan kegiatan yang paling bernilai

Semua orang sukses memiliki satu kesamaan, yaitu mereka merancang hidup mereka secara strategis agar selaras dengan hal-hal yang paling mereka pedulikan. Sebelum membuat jadwal harian, hal paling utama yang perlu anda yaitu tentukanlah apa yang menjadi prioritas anda. Dengan demikian, tujuan dan kehidupan yang diinginkan akan lebih mudah tercapai.

Adapun caranya dengan membuat daftar beruntun. Kamudian, tentukan cara untuk memasukkan hal-hal penting itu ke dalam rutintitas harian atau mingguan anda dalam Batasan waktu tertentu.

  1. Susun jadwal dimanapun

Salam melakukan suatu pekerjaan, banyak dari kita tidak hanya diam di satu tempat. Hal kecil seperti ini sering membuat kita lupa apa yang harus kita kerjakan dengan cepat. Untuk mengantisipasinnya, anda bisa mencatat semua jadwal yang telah disusun di manapun anda beraktivitas.

Anda bisa menaruhnya di pintu kulkas, meja kerja rumah dan kantor, bahkan aplikasi hp.

  1. Meningkatkan produktifitas

Saat kamu membuat jadwal harian secara rinci, maka setiap tugas yang sudah terjadwalkan akan terselesaikan dengan baik. Sehingga kamu bsia menggerjakan tugas selanjutnya. Dengan begitu, membuat jadwal harian meningkatkan produktivitas kamu sehari-hari.

  1. Hindari Multitasking di setiap tugasmu

Apakah kamu termasuk orang yang masih berpikir bahwa mengerjakan sesuatu hal secara bersamaan adalah hal yang produktif? Jika kamu masih memiliki mindset itu, mulai sekarang kamu harus mengubah mindset itu. Justru, multitasking hanya akan menurunkan kinerja kamu dalam menyelesaikan tugas. Jika kamu melakukan beberapa tugas secara bersamaan, kamu akan berpindah-pindah diantara satu tugas dan tugas lain. Hal tersebut dapat mengganggu fokus kamu dan membuat kinerja kamu tidak maksimal. Sehingga kamu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikannya.

Itulah 4 tips cara membuat jadwal harian agar hidup lebih produktif.