Tips Hidup Hemat Untuk Memangkas Pengeluaran

Tips Keuangan, Cara Pakai THR agar Hemat

Frugal Living adalah gaya hidup hemat yang diterapkan untuk menghemat uang dan mengurangi pengeluaran. Saat ini, frugal living atau gaya hidup hemat banyak dipilih oleh sejumlah kalangan, khususnya mereka yang tinggal di perkotaan dengan biaya hidup yang tinggi. Anda bisa mencoba beberapa tips ini untuk berhemat. Dengan menerapkan frugal living, anda bisa mempelajari gaya hidup dengan mengelola keuangan untuk menghemat pengeluaran. Berikut tips hidup hemat untuk memangkas pengeluaran.

  1. Membuat anggaran pengeluaran

Langkah pertama yang wajib anda lakukan untuk menghemat pengeluaran adalah membuat anggaran pengeluaran. Dengan membuat anggaran pengeluaran, anda bisa mengetahui kemana uang anda pergi setiap bulannya. Buatlah anggaran komprehensif yang merinci pemasukan dan pengeluaran. Dengan membuat anggaran, anda juga bisa memprioritaskan hal-hal yang lebih penting.

  1. Bedakan keinginan dan kebutuhan

Membedakan antara keinginan dengan kebutuhan adalah hal terpenting untuk meminimalisir pengeluaran berlebih. Pengeluaran untuk kebutuhan adalah kategori pengeluaran yang penting untuk memenuhi kebutuhan dasar. Sedangkan pengeluaran untuk keinginan adalah pengeluaran yang mencakup pengeluaran tidak penting seperti barang mewah, hiburan, dan lain-lain.

Anda bisa mulai mengevaluasi semua pengeluaran rutin dan mengkategorikannya ke dalam pengeluaran kebutuhan dan pengeluaran keinginan.

  1. Membayar dengan uang tunai

Menggunakan uang tunai untuk membeli suatu hal dapat membantu mengurangi pengeluaran yang berlebihan. Tindakan fisik menyerahkan uang kertas akan membuat anda lebih sadar akan apa yang anda beli.  Sebuah studi menemukan bahwa orang menghabiskan 70 persen lebih banyak uang menggunakan kartu kredit daripada uang tunai.

  1. Gunakan tips frugal fashion

Anda bisa mencoba untuk memperbaiki pakaian anda yang rusak daripada membeli pakaian yang baru jika masih memungkinkan. Selain itu, anda bisa mencoba untuk mempelajari cara menjahit pakaian. Dengan keterampilan menjahit yang anda miliki, anda bisa memperbaiki pakaian anda sendiri yang sekiranya masih mungkin untuk diperbaiki.

  1. Reuse dan recycle

Dari pada membuang barang-barang lama yang sudah tidak anda pakai, anda bisa memanfaatkan untuk membuatnya menjadi berguna kembali.  Sebagai contoh, jika anda memiliki pakaian lama yang sudah tidak terpakai, anda bisa memanfaatkannya menjadi keset atau kain lap pembersih.

Itulah 5 tips hidup hemat untuk memangkas pengeluaran.