Tips dan Persiapan Menghadapi Bencana Banjir

Tips Menghadapi Banjir agar Selamat dan Bertahan : Okezone Lifestyle

Banjir adalah suatu bencana alam yang disebabkan oleh curah hujan yang terlalu tinggi sehingga membuat air laut, Sungai meluap. Bencana banjir ini merupakan suatu bencana alam yang menghantui Masyarakat apabila sudah memasuki musim penghujan, apalagi saat dengan naiknya permukaan laut. Untuk itu kita harus mengetahui dan mengantisipasi apabila terjadinya banjir dan langkah-langkah pertama yang harus kita lakukan. Nah, Berikut ada tips dan persiapan menghadapi bencana banjir.

  1. Letakkan surat dan barang berharga pada lemari bagian atas

Beberapa orang menyimpan barang-barang berharga seperti surat, dokumen di dalam laci atau lemari. Namun usahakan untuk anda tidak menyimpan barang-barang penting pada bagian bawah untuk mengurangi resiko terendam. Masukkan surat berharga anda ke dalam koper atau tempat yang kedap air untuk memudahkan penyelamatan bila memang terpaksa harus meninggalkan rumah dalam keadaan banjir.

  1. Amankan saluran Listrik dan barang elektronik

Barang-barang elektronik sebaiknya dicabut dari stop kontak untuk menhindari terjadinya korsleting. Upayakan stop kontak anda berada di posisi yang cukup tinggi dan tidak terjangkau air saat banjir datang.

  1. Penyelamatan anggota keluarga yang sakit

Sebelum terjadi banjir sebaiknya anda selamatkan terlebih dahulu anggota keluarga yang sakit, cacat atau manula, karena mereka sangat membutuhkan penanganan yang ekstra hati-hati. Upayakan Anda sudah menyediakan akses dan memprioritaskan mereka untuk diselamatkan terlebih dahulu, apabila banjir memaksa Anda sekeluarga untuk mengungsi.

  1. Barang wajib dibawa saat banjir

Jika anda terpaksa untuk menggungsi dan harus meninggalkan rumah, bawalah barang-barang yang penting dan pokok, seperti pakaian, alat komunikasi, uang dan sebagainya. Barang ini wajib dibawa karena akan berguna saat anda sedang mengungsi.

  1. Tanggap Informasi lingkungan sekitar

Selalu update informasi terkini mengenai kondisi sekitar wilayah Anda. Biasanya aparatur lingkungan sudah bekerja sama dengan warga dan lembaga sosial tertentu untuk tanggap terhadap bencana. Tetap sayangi lingkungan Anda dengan menjaga kebersihan untuk mengurangi resiko banjir.

Keamanan dari bencana banjir memang tanggung jawab bersama-sama. Namun, bila bencana banjir tidak terelakkan lagi, ada baiknya anda harus menyiapkan beberapa hal berikut.