Stop Lapar Mata Saat Momen Lebaran

Playxfit – Lebaran sudah semakin dekat, momen kumpul keluarga biasanya menjadi momen yang dinantikan semua orang. Saat kumpul keluarga, biasanya tersedia banyak makanan enak yang siap disantap, memanjakan lidah, dan mengenyangkan perut Anda. Semua makanan tersebut dapat membuat berat bertambah dan gagal diet. Berikut ada 4 tips yang bisa Anda lakukan pada saat momen lebaran untuk tetap menjaga pola makan dengan baik.

1. Sediakan Sayuran

Tips pertama adalah sediakan sayuran di antara semua makanan berlemak dan bersantan. Saat Lebaran, makanan yang disajikan cenderung berlemak sehingga terkadang membuat lupa akan pentingnya sajian adan asupan sayuran. Makanan yang mengandung banyak lemak juga perlu didampingi dengan sayuran untuk mengontrol kolesterol. Sayuran dapat disajikan dalam bentuk lalapan dan acar saat Lebaran. Asupan sayur dapat memperkaya serat, vitamin, dan mineral untuk tubuh.

 

2. Jangan Lapar Mata

Kedua, stop lapar mata! Melihat banyaknya jenis makanan biasanya membuat kita lapar mata dan ingin makan semua makanan yang tersedia. Pilih beberapa makanan yang kiranya menjadi makanan favorit kamu saat lebaran. Kamu bisa menikmati makanan dengan porsi yang kecil-kecil atau sedikit. Jangan makan satu jenis makanan dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, nantinya kamu pasti akan bertemu dengan beberapa jenis makanan lain yang juga ingin kamu nikmati. Selain itu, tubuh kamu baru saja menjalani puasa selama 30 hari, kemungkinan tubuh kamu mulai terbiasa dengan pola makan yang sedikit. Dikhawatirkan jika kamu makan berlebihan dan tidak memikirkan porsi makan, lambung kamu akan kaget bahkan yang paling buruk kamu bisa terkena maag saat sedang bersilahturahmi di hari raya.

 

3. Lakukan Aktivitas Jalan

Ketiga, Anda dapat mengajak keluarga untuk berjalan kaki setelah menyantap berbagai makanan. Selain kumpul, ngobrol, dan makan, mungkin aktivitas jalan-jalan bisa menjadi pilihan Anda bersama keluarga. Kegiatan ini selain menyenangkan juga dapat meningkatkan pembakaran kalori dari makanan yang dikonsumsi. Usahakan untuk berjalan kaki menuju rumah kerabat yang tidak terlalu jauh atau sengaja memarkir kendaraan agak jauh dari lokasi silaturahmi. Selama bersilaturahmi, Anda juga bisa memperbanyak senyum dan tertawa karena mampu merangsang keluarnya hormon endorfin, hormon yang menciptakan perasaan bahagia.

 

4. Minum Banyak Air

Tips terakhir adalah perbanyakminum air putih. Banyak makanan yang dikonsumsi, juga harus diimbangi dengan asupan air putih untuk membantu tubuh mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Apalagi, setelah berpuasa selama sebulan penuh, kadar glikogen dalam tubuh akan meningkat. Konsumsi banyak air akan menormalkan kembali kadar glikogen.