Siklus Haid Tidak Lancar, Mungkin Anda Mengidap PCOS

Playxfit – Banyak wanita mengalami gangguan siklus haid, namun tidak mengerti penyebabnya. Jika Anda merupakan salah satu wanita yang sedang mengalami siklus haid yang tidak teratur dan durasi haid yang berkepanjangan, mungkin Anda perlu waspada. Bisa saja Anda terkena PCOS yaitu sindrom polikistik ovarius atau polycystic ovarian syndrome. Sindrom tersebut merupakan gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur.

Penderita PCOS biasanya memiliki hormon androgen yang berlebih, akibatnya ovarium atau indung telur memproduksi banyak kantong-kantong berisi cairan. Dengan begitu, sel telur tidak dapat berkembang dengan sempurna dan gagal dilepaskan secara teratur. Penyebab PCOS ada dua hal yaitu kelebihan hormon insulin dna faktor genetik. Untuk mengetahui lebih awal apakah Anda terkena PCOS atau tidak, ada beberapa gejala yang bisa Anda ketahui dan waspada sejak dini.

 

Gejala PCOS

1. Siklus Menstruasi Tidak Sesuai

Gejala yang pertama adalah siklus haid yang tidak sesuai dengan semestinya. Bagi penderita PCOS dapat mensy=truasi kurang dari 8 kali dalam setahun dan periode menstruasi yang normalnya hanya smeinggu bisa menjadi 3 minggu bahkan 1 bulan dengan darah terus mengalir. Jadi, bagi Anda yang mempunya siklus haid tidak teratur, harao berhati-hati ya.

2. Rambut Tumbuh di Daerah yang Tidak Diinginkan

Kemudian, penderita PCOS biasanya mengalami tumbuhnya rambut di daerah yang tidak diinginkan bahkan tidak terduga seperti di wajah, dagu, payudara, perut, dan jari-jari kaki.

3. Kulit Berminyak dan Berjerawat

PCOS menyebabkan adanya perubahan hormon, yang mengakibatkan kulit Anda berminyak dan berjerawat. Namun, tidak semua yang berminyak dan berjerawat mengidap PCOS ya, ini hanya salah satu dari sekian gejala saja.

4. Sulit Hamil

Sebagian besar penderita PCOS akan susah hamil karena mengalami ketidaksuburan. Hal tersebut karena ukuran indung telur atau ovariumnya menjadi lebih besar dari ukuran biasanya. Indung telur yang besar berisi banyak kista kecil yang mengandung sel telur yang belum matang, yang sulit keluar, apalagi untuk dibuahi.