Rahasia Awet Muda, Konsumsi Peach Gum

Playxfit – Peach gum dessert tengah populer di media sosial sejak pertengahan tahun lalu. Dessert ini banyak dicari karena manfaat kesehatannya, dan bisa menjadi camilan yang menyegarkan, mengenyangkan plus menyehatkan.
Namun, pasti masih diantara Anda yang bertanya-tanya, apa sih peach gum itu?
Peach gum merupakan getah yang berasal dari pohon persik liar China, dan sudah bertekstur padat saat dipanen. Biasanya, peach gum ini disajikan dalam hidangan sup bercita rasa manis dan aneka dessert.
Cara mengolahnya pun sangat sederhana, tinggal direndam dan direbus. 

Peach Gum Healthy Dessert

Bahan-bahan :

  • Peach Gum
  • Angcio
  • Kelengkeng Hitam Kering
  • Kelengkeng Putih Kering
  • Biji Teratai
  • Jamur Minuman
  • Buah Kiche / Goji berry
  • Jali
  • Gula Kondur
  • Gula Batu
  • Daun Pandan
  • Air

Cara Membuat :

  1. Rendam peach gum dalam air selama 1 malam.
  2. Biji teratai juga direndam dalam air selama 4 jam.
  3. Rendam jamur putih dan potong menjadi kecil-kecil.
  4. Rebus Air bersama daun pandan.
  5. Masukkan Angcio, Biji Teratai. Rebus selama 30 menit.
  6. Masukkan Kelengkeng Putih dan Hitam, Buah Kiche, Gula Kondur, Gula Batu, Jali, dan Jamur putih bersamaan. Rebus kembali hingga 20 menit.
  7. Sajikan dalam keadaan dingin akan lebih segar.
Selain rasanya yang nikmat, peach gum juga sering digunakan dalam pengobatan tradisional China. Untuk mengobati berbagai penyakit seperti mengatasi infeksi saluran kencing, memuaskan dahaga, hingga menghilangkan stres. Berikut beberapa manfaat peach gum lainnya. 

Manfaat Peach Gum

1. Meningkatkan kesehatan kulit

Peach gum merupakan salah satu makanan yang kaya akan kolagen. Produksi kolagen dalam tubuh kita bisa melambat dan terhenti, sehingga dibutuhkan asupan kolagen dari makanan yang kita konsumsi.
Bukan hanya itu saja, peach gum juga mengandung asam amino yang tinggi. Nutrisi ini akan membantu mempercepat penyerapan kolagen oleh tubuh, yang berperan dalam meningkatkan elastisitas, mencerahkan, hingga meremajakan kulit.

2. Meningkatkan massa otot

Hampir sebanyak 1-10 persen jaringan otot kita terbentuk dari kolagen.
Studi British Journal of Nutrition pada tahun 2015 menyatakan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu meningkatkan massa otot pada orang-orang yang mengalami sarcopenia.
Sarcopenia sendiri merupakan keadaan dimana masa otot mulai hilang akibat usia. 

3. Membantu meredakan nyeri sendi

Kolagen ternyata juga melindungi sendi kita. Kadar kolagen pada tubuh kita akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia, sehingga risiko mengalami gangguan sendi seperti osteoarthritis pun meningkat.
Maka dari itu, mengonsumsi peach gum yang kaya akan kolagen bisa membantu menjaga kesehatan sendi, serta meminimalisir risiko terkena gangguan sendi.

4. Mengendalikan gula darah

Gula polisakarida yang berasal dari peach gum telah terbukti efektif dalam membantu mengendalikan kadar gula darah setelah makan. Peach gum memiliki potensi sebagai terapi non-insulin untuk diabetes.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Selain kolagen dan asam amino, peach gum juga mengandung jenis protein bernama proline, yang membantu mengurangi penumpukan lemak pada pembuluh darah. Maka, tekanan jantung akan berkurang dan tekanan darah lebih dapat dikendalikan.