Pewarna Rambut Dan Catokan Meningkatkan Resiko Kanker Payudara

Playxfit – Pertanyaan seputar bahan kimia yang dikandung dalam pewarna rambut dan smoothing bisa menyebabkan kanker sudah sering dilontarkan.

Jawabannya? Tidak konsisten. Tetapi sebuah penelitian yang dirilis hari Selasa (3/12) memiliki beberapa temuan baru. Penelitian tersebut membuktikan bahwa wanita yang menggunakan pewarna rambut permanen atau menggunakan alat straightener memiliki resiko kanker payudara yang lebih tinggi.

Studi tersebut menyatakan bahwa pewarna rambut dan straightener memainkan peran dalam karsinogenesis payudara.

Namun, ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Banyak faktor berbeda yang bisa mempengaruhi resiko seorang wanita terkena kanker payudara. Di sini, resiko memang kecil, tapi berarti. Dimana, ini berarti perempuan harus mempertimbangkan segala faktor. Ini mencakup aktivitas dan diet. Kedua hal tersebut lah yang mempengaruhi kesehatan jangka panjang.

Perempuan yang menggunakan produk seperti itu bertahun-tahun yang lalu tidak perlu mengkhawatirkan resiko. Menurut mereka, kandungan berbahaya ini ada di bahan kimia yang diproduksi oleh perusahaan pewarna rambut dan straightener yang eksis sekarang.

Namun, ini dibantah oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat. Mereka menyatakan bahwa penelitian tersebut tidak memiliki bukti yang valid. Menurut ahli toksikologi Linda Loretz, banyak asosiasi dalam studi ini yang tidak signifikan secara statistik. Menurutnya, pewarna rambut merupakan salah satu produk yang paling banyak dipelajari di pasar.

Baca Juga: Imbas Polusi Pada Kesehatan Jauh Lebih Buruk Dari Perkiraan

Perlu diingat bahwa perusahaan diharuskan untuk membuktikan keamanan pewarna rambut dan straightener juga bahan-bahan individual sebelum dipasarkan. Label produk-produk tersebut juga harus jujur dan tidak menipu.

Penelitian ini diterbitkan dalam International Journal of Cancer, berdasrkan pada data dari 46.709 perempuan yang terdaftar.