Penyakit Diabetes

Penyakit Diabetes adalah salah satu penyakit yang berlangsung lama atau kronis. Jenis penyakit ini ditandai dengan adanya kadar gula yang tinggi didalam darah. Glukos atau gula yang menumpuk didalam darah, akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai ganguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita. Glukosa sendiri merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia.

Penyakit Diabetes

Penyakit Diabetes

Kadar gula yang ada pada darah, semua dikendalikan oleh hormon Insulin yang diproduksi oleh pankreas. Diamana letak dari Pankreas ini berada di belakang lambung, pada penderita diabetes. Pankreas tidak dapat memproduksi Insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sel-sela tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi sebuah energi.

Secara umum Penyakit Diabetes dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu diabetes tipe 1 dan tipe2, dimana diabetes tipe 1. Terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Dan Untuk diabetes tipe2, merupakan jenis diabetes yang lebih sering terkena oleh kita. Diabetes ini disebabkan oleh sel tubuh tidak dapat dipergunakan dengan baik. Sekitar 90-95 persen penderita diabetes di dunia menderita diabetes tipe2 ini.

Gejala Diabetes

Penyakit Diabetes tipe 1 dapat berkembang dengan cepat dalam beberapa minggu ataupun hitungan hari saja. Sedangkan untuk gejala diabetes tipe 2, banyak penderitanya yang tidak mengetahui bahmwa mereka telah menderita diabetes selama bertahun-tahun. Karena gejalanya cenderung tidak spesifik. Berikut gejala Penyakit Diabetes.

  • sering merasa haus
  • sering buang air kecil saat malam hari
  • merasa sangat lapar
  • berkurangnya massa otot
  • lemas
  • padang kabur
  • luka yang sulit sembuh

Pasien diabetes diharuskan untuk mengatur pola makan dengan memperbanyak konsumsi buah, sayur, dan protein. Pasien Penyakit Diabetes juga sudah bisa untuk dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengatur pola makan sehari-hari. Semua ini dilakukan untuk membantu mengubah gula darah menjadi energi dan meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin.

Baca Juga : Manfaat Mengkonsumsi Kentang