Mentimun Baik untuk Kesehatan Jantung

Playxfit – Timun adalah tanaman kelompok Cucurbitaceae yang masih satu keluarga dengan labu, pare, dan melon. Sayuran ini mengandung nutrisi seperti antioksidan, vitamin C, rendah kalori, natrium dan rendah lemak. Saat dimakan, mentimun memiliki rasa yang ringan, renyah, dan menyegarkan berkat kandungan airnya yang tinggi. Ternyata mentimun tidak hanya sebagai teman lalapan, melainkan memiliki banyak manfaat lainnya.

1. Mencegah Diabetes

Manfaat mentimun yang pertama adalah sangat bermanfaat potensial untuk mengontrol dan mencegah penyakit diabetes. Mentimun mengandung zat yang membantu menurunkan gula darah. Cucurbitacin dalam mentimun dipercaya mampu membantu mengelola pelepasan insulin dan metabolisme glikogen hati, hormon kunci dalam pemrosesan gula darah. Selain itu, serat dalam mentimun dapat membantu mencegah serta mengelola diabetes tipe 2.

 

2. Mencegah Sakit Jantung

Mentimun mengandung serat untuk mencegah kardiovaskular (sakit jantung). Menurut penelitian, serat yang ada dapat membantu mengelola kolesterol dan mencegah kardiovaskular. Kandungan magnesium dan potasium dalam timun, baik untuk kesehatan jantung. Selain itu juga ada kandungan asupan natrium yang dapat meningkatkan asupan kalium untuk mencegah tekanan darah tinggi. Mengonsumsi timun ternyata juga dapat mencegah menumpuknya lemak dan zat lain di dinding arteri. Penumpukan lemak tersebut dapat menghambat aliran darah yang masuk kedalam jantung.

 

3. Menurunkan Berat Badan

Mentimun dapat membantu menurunkan berat badan. Jika Anda saat ini sedang mencoba menurunkan berat badan, cobalah untuk mengurangi asupan tinggi kalori, lemak, dan gula, seperti makanan siap saji, minuman kemasan, es krim, dan minuman bersoda. Konsumsilah mentimun yang rendah kalori, selain itu serat dalam mentimun juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

 

4. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Khasiat mentimun yang terakhir adalah untuk mencegah pertumbuhan kanker di dalam tubuh. Menurut penelitian, kandungan  antikosidan yang tinggi dapat mengurangi risiko seseorang untuk terkena berbagai jenis kanker. Mentimun sendiri mengandung antioksidan cucurbitacin, lignan, dan flavonoid di dalamnya yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.