Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami

Playxfit – Ginjal merupakan organ penting yang yang berfungsi untuk menyaring serta membuang kelebihan garam, urea, dan limbah lainnya dari hasil metabolisme tubuh. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan ginjal kita, karena jika ginjal kita mengalami masalah, akibatnya akan fatal.

1. Stop Merokok

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, saat ini Anda harus stop merokok agar menjaga ginjal tetap sehat. Kandungan atau zat dalam tubuh memang sudah terbukti merusak tubuh kita. Salah satunya, kandungan dalam rokok dapat menghambat aliran darah sehingga jantung perlu bekerja lebih keras agar darah terpompa dan bisa meningkatkan risiko hipertensi yang menjadi penyebab sakit ginjal.

2. Cukupi Kebutuhan Air Putih  

Selanjutnya, Anda juga harus mencukupi kebutuhan air putih Anda sehari-hari. Air putih sangat baik untuk kesehatan ginjal dan organ tubuh yang lainnya. Untuk mengetahui apakah tubuh Anda sudah cukup air putih, dapat dilihat dari warna urin, jika warnanya masih kuning pekat, berarti tubuh Anda belum cukup air putih.

3. Batasi Asupan Garam

Makanan yang tinggi garam dan sodium akan menaikkan tekanan darah dan akibatnya akan merusak pembuluh darah sehingga memaksa ginjal bekerja lebih keras lagi. Menurut penelitian, hipertensi juga bisa menjadi salah satu penyebab utama gagal ginjal. Maka dari itu batasi penggunaan garam, ganti dengan bahan rempah-rempahyang lebih sehar seperti bawang putih, bawang merah, dan lain-lain. Makanlah makanan yang sehat dan hindari makanan olahan, karena umumnya makanan olahan juga mengandung garam yang tinggi.

 

4. Jangan Sembarang Minum Obat dan Vitamin

Tips untuk menjaga kesehatan ginjal selanjutnya adalah jangan sembarangan dalam meminum obat dan vitamin karena akan merusak ginjal Anda. Mengapa? Karena ginjal berperan dalam pembuangan sisa-sisa obat dari tubuh. Obat-obatan seperti obat NSAID dan pencahar perlu diminum seusai dengan rekomendasi dokter demi menjaga kesehatan ginjal Anda. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati terhadap obat dan vitamin yang Anda konsumsi.