Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Playxfit – Hari ini merupakan hari pertama umat muslim menjalankan ibadah puasa. Banyak hal yang dipersiapkan menjalani bulan yang suci.

Pada saat puasa, umat Muslim akan menahan makan, minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa. Di saat menahan lapar dan dahaga, bisa menyebabkan badan terasa lemas dan yang terutama munculnya bau mulut.

Masalah tersebut sangat membuat tidak nyaman dan tidak percaya diri, karena bau mulut kita akan mengganggu aktivitas kita saat berbicara dengan orang lain.

Bagaimana cara menghilangkan bau mulut dengan mudah ? Berikut ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah bau mulut saat bulan puasa.

 

1. Minum Air Putih yang Cukup

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah minum air putih yang cukup. Saat puasa, pasti badan kehilangan banyak cairan dan akan mengalami dehidrasi, maka pada saat buka puasa dan sahur Anda harus minum air putih yang cukup. Standarnya minum 8 gelas air putih perhari.

 

2. Sikat Gigi 2 Kali Sehari

Hal yang kedua adalah menyikat gigi 2 kali sehari. Sikat gigilah setelah sahur dan sebelum tidur dengan benar dan bersih hingga tidak ada sisa makanan yang terselip. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan kotoran di sela-sela gigi.

 

3. Membersihkan Permukaan Lidah

Selanjutnya jangan lupa untuk membersihkan permukaan lidah. Walaupun terlihat sepele, namun lidah sangat penting, karena lidah dapat menjadi tempat menempelnya sisa-sisa makanan yang dapat menimbulkan bau mulut. Bersihkan lidah menggunakan pembersih lidah atau juga bisa menggunakan sikat gigi, dengan gerakan 1 arah belakang ke depan.

 

4. Berkumur dengan Obat Kumur

Kemudian Anda juga bisa berkumur dengan obat kumur jika Anda merasa mulut Anda maish kurang bersih dan wangi. Obat kumur digunakan jika ada kondisi kesehatan gigi dan mulut yang bermasalah seperti peradangan di gusi atau sariawan. Setelah menyikat gigi dan membersihkan lidah, berkumurlah dengan obat kumur pilihan Anda.

 

5. Konsumsi Buah dan Sayur

Terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi buah dan sayur. Saat berbuka puasa dan sahur biasakan untuk selalu mengonsumsi buah dan sayur agar tubuh tetap kuat dan tidak kekurangan cairan.

Konsumsi buah dan sayur yang tinggi serat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Menurut penelitian. sayur dan buah-buahan dapat memicu lingkungan dalam rongga mulut menjadi lebih basa, sehingga asam yang menyebabkan bau mulut dapat diseimbangkan.