Mengenali Varian Omicron dan Cara Menangkalnya

Playxfit – Varian Omicron akhirnya terdeteksi masuk ke Indonesia dengan menyerang salah satu petugas di Wisma Atlet. Jenis varian baru ini ditelusuri berasal dari Afrika Selatan. Varian ini termasuk sangat cepat dalam menularkan virus karena memiliki sejumlah besar mutasi, dan kabarnya akan mempengaruhi efektivitas vaksin.

Walaupun kasus COVID-19 di Indonesia sudah mulai mereda dan situasi sudah mulai membaik, kita tetap harus waspada karena masuknya varian Omicron ke Indonesia. Jajaran Pemerintah pun kembali mengetatkan pengamanan terutama yang berhubungan dengan kesehatan. Lantas, bagaimana cara terbaik untuk menghindari bahkan memutus rantai penyebaran varian Omicron di Indonesia?

 

1. Menerima Vaksin Sebanyak Dua Kali

Cara pertama yang paling manjur dan disarankan saat ini adalah menerima vaksin COVID-19 sebanyak dua kali. Dengan divaksin memang tidak menjamin kita akan terbebas dari COVID-19, tetapi jika kita sudah divaksin kemudian terserang varian Omicron ini, setidaknya tidak akan parah dan proses penyembuhan juga lebih mudah. Jadi, bagi Anda yang belum menerima vaksin sebanyak dua kali, bahkan belum memberanikan diri untuk divaksin, segeralah menuju faskes atau puskesmas terdekat untuk menerima vaksin COVID-19 sebagai perlindungan pertama Anda.

 

2. Menggunakan Masker

Langkah kedua untuk menghindari penyebaran varian Omicron adalah dengan terus menggunakan masker. Memang keadaan Indonesia sudah membaik, namun kita tetap perlu berjaga-jaga dan melindungi diri sendiri. Masker sangat bermanfaat untuk menangkal virus dari media luar. Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan masker sebanyak 2 lapis sehingga efektif untuk menangkal virus.

 

3. Menjaga Jarak

Selain menggunakan masker, Anda juga wajib melakukan social distancing atau menjaga jarak. Tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku, tetap waspada dengan orang-orang di sekitar Anda, karena kita tidak tahu bagaimana kondisi kesehatan mereka.

 

4. Mengonsumsi Vitamin

Kemudian, jangan lupa untuk terus mengonsumsi vitamin, untuk mempertahankan sistem imun kita. Anda dapat mengonsumsi vitamin tablet, atau bisa mendapatkan sumber vitamin dari makanan bergizi seperti buah dan sayur. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menjemur badan untuk mendapatkan Vitamin D yang cukup.