Mengatasi Sariawan di Lidah

Playxfit – Sariawan merupakan penyakit ringan yang sering kita alami. Biasanya sariawan akan muncul di rongga mulut dan terasa perih. Selain itu, sariawan bisa muncul di lidah dan rasanya lebih perih dibanding di rongga mulut biasa. Mengapa bisa muncul sariawan di lidah ? Sariawan di lidah dapat terjadi akibat infeksi pada mulut yang disebabkan oleh jamur. Kami akan membagikan beberapa tips alami untuk mengatasi sariawan di lidah.

 

1. Berkumur Air Garam

Pertama, Anda perlu berkumur dengan air garam untuk menghilangkan sariawan di lidah Anda. Campurkan satu setengah sendok teh garam di air hangat, aduk hingga rata, kemudian gunakanlah untuk berkumur selama 2 menit. Air garam dipercaya dapat membunuh kuman-kuman yang bersarang di rongga mulut Anda.

 

2. Oleskan Lidah Buaya

Tips yang kedua adalah menggunakan lidah buaya, karena lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat untuk menyembuhkan luka dan kulit wajah. Luka akibat sariawan dapat diredakan dengan mengoleskan lidah buaya di bagian yang sakit. Oleskan gel lidah buaya 2 hingga 3 kali dalam sehari.

 

3. Kompres dengan Es Batu

Kemudian Anda juga dapat mengompres sariawan di lidah dengan es batu, jika sariawan tidak kunjung reda. Setidaknya dingin dari es batu dapat meredakan rasa perih yang ditimbulkan oleh sariawan. Ada dua cara mengompres, pertama, Anda dapat membungkus es batu dengan kain, kemudian megompreskan pada bagian yang sariawan. Selain itu, Anda juga dapat langsung memasukkan es batu ke dalam mulut, dan mendekatkan ke bagian yang terkenda sariawan.

 

4. Kantong Teh Celup

Pengobatan alami sariawan lidah yang lainnya adalah mengompresnya dengan kantong teh celup. Di dalam kantong teh celup ternyata ada kandungan alkali yang dapat membantu menetralkan asam di mulut. Cara mengompresnya sangat mudah, Anda dapat meletakkan kantong teh celup ke titik sariawan selama kurang lebih 5 menit.

 

5. Penuhi Kebutuhan Vitamin

Selain mengobati dari luar, Anda juga perlu mengobati sariawan dari dalam yaitu dengen memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda, terutama vitamin C. Anda dapat mengonsumsi vitamin yang mengandung vitamin C, vitamin B12, serta vitamin B kompleks untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain dari vitamin dalam bentuk obat, semua kandungan yang harus dipenuhi tubuh dapat ditemukan dalam sayur dan buah, sehingga agar sariawan Anda dapat lebih cepat terselesaikan, Anda juga harus mengonsumsi vitamin secara rutin ya.