Mengatasi Jerawat Batu dengan Mudah

Playxfit – Jerawat batu biasanya muncul dengan ukuran besar, kemerahan, berisi nanah, terasa sakit, dna membuat tidak nyaman. Kondisi wajah dan hormon yang tidak menentu memang menjadi penyebab utama munculnya jerawat. Di bawah ini ada beberapa tips untuk menghilangkan jerawat batu dengan mudah.

1. Bersihkan Wajah

Langkah pertama yang paling pertama dan harus dilakukan adalah membersihkan wajah secara rutin. Kegiatan ini wajib dilakukan apalagi setelah pergi atau beraktivitas di luar ruangan. Anda dapat membersihkan wajah dengan metode double atau triple cleanser jika menggunakan make up, agar wajah benar-benar bersih. Jika kulit bersih, bakteri tidak mudah bersarang di wajah Anda, dan pastinya tidur dapat lebih nyaman.

 

2. Pakai Masker Tomat

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan masker tomat untuk mengatasi jerawat batu. Kandungan vitamin A dan C ternyata dapat menghilangkan jerawat secara alami. Potong tomat menjadi dua dan oleskan ke wajah secara merata, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Aplikasikan masker tomat ini secara rutin.

 

3. Kompres Dengan Es Batu

Selanjutnya Anda juga dapat mencoba mengkompres jerawat batu dengan es batu. Suhu dingin dari es batu dapat membantu meredakan peradangan dan warna kemerahan pada kulit yang berjerawat. Cara ini sangat mudah dilakukan di rumah, bungkus es batu menggunakan kain atau handuk kecil yang bersih, lalu kompreslah jerawat batu Anda. Namun, sebelumnya, Anda harus membersihkan wajah terlebih dahulu.

 

4. Atur Asupan Makan

Selain perawatan dari luar, Anda harus merawat kulit wajah Anda dari dalam dengan mengatur asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Menurut sebuah penelitian, jerawat batu muncul karena dipicu oleh konsumsi produk susu, makanan tinggi gula, dan karbohidrat berlebih. Nah, maka dari itu, Anda harus menghindari beberapa makanan tersebut dan beralih memperbanyak asupan sayur dan buah untuk menyeimbangkan dan membuat jerawat batu segera hilang.

 

5. Menggunakan Pelembab

Menggunakan pelembab menjadi hal yang penting juga untuk dilakukan agar wajah selalu terhidrasi dengan baik, karena ketika wajah kering dan kurang nutrisi, jerawat lebih cepat muncul. Penggunaan pelembab ini juga sangat disarankan untuk kulit berminyak. Anda dapat mencari pelembab yang tidak oily pada hasil akhirnya.