Masker Alami untuk Mengatasi Kulit Wajah Kering

Playxfit – Kita memliki berbagai macam jenis kulit yang berbeda-beda. Jika Anda memiliki kulit wajah yang kering, pastinya Anda mencoba berbagai cara agar kulit wajah lebih lembab dan sehat. Anda bisa mencoba menggunakan masker berbahan alami yang dapat melembabkan kulit wajah Anda.

 

1. Alpukat

Cobalah menggunakan masker alpukat. Kandungan lemak, vitamin, dan antioksidan di dalam alpukat dapat membantu melembapkan wajah yang kering. Caranya sangat mudah, campurkan setengah buah alpukat, madu, dan yoghurt jika diperlukan. Aduk hingga rata, dan oleskan pada wajah. Tunggu sekitar 10 hingga 15 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih. Mengapa menambahkan yoghurt? Karena yoghurt dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah terlihat lebih cerah. Selain itu, yoh=ghurt juga dapat melembapkan, mendinginkan, dan mengurangi iritasi pada kulit wajah.

 

2. Minyak Zaitun

Selanjutnya, Anda dapat mencoba masker wajah menggunakan minyak zaitun. Bahan ini memang terkenal fungsinya sebagai pelembab. Oleskan minyak zaitun ke kulit wajah dan usapkan kain hangat yang basah di wajah  hingga dingin, lalu bersihkan sisa minyak.

 

3. Madu dan Pisang

Selain alpukat dan minyak zaitun, Anda juga dapat menggunakan madu dan pisang untuk melembabkan kulit yang kering. Pisang berfungsi untuk menghidrasi kulit. Sedangkan madu memang sudah terbukti memiliki banyak khasiat untuk memperbaiki kulit wajah. Menurut penelitian, madu dapat memberikan efek menyejukkan, menjaga keremajaan kulit, hingga menghambat pembentukan kerutan. Madu mengandung humectant atau bahan yang mampu menyerap air dari udara dan mengikatnya dalam lapisan kulit, sehingga madu bisa menghidrasi kulit untuk melembabkan dan mencegah iritasi.

 

4. Air Mawar dan Jeruk Nipis

Terakhir, Anda dapat mencoba menggunakan air mawar dan jeruk nipis. Air mawar merupakan bahan alami yang dapat melembapkan kulit kering, terutama setelah menggunakan make up. Jeruk nipis ternyata dapat mengatasi kulit kering yang kusam dan berjerawat.

Celupkan kapas dengan air mawar dan tempelkan di wajah sebagai masker, sehingga wajah Anda dapat terasa lebih relaks dan segar. Jika Anda ingin menggunakan jeruk nipis, cukup oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah, dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.