Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental

Playxfit – Meditasi adalah kebijaksanaan dan praktik spiritual universal yang ditemukan pada inti dari semua tradisi agama besar. Meditasi menuntun praktisi dari pikiran ke hati dan penyatuan dua pusat manusia. Meditasi bukanlah praktik eksoterik yang rumit atau pada dasarnya sulit. Meditasi adalah proses pembelajaran yang sebagian besar sebenarnya adalah proses pelepasan konsep kondisi dan tanggapan imajiner terhadap realitas.

 

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Insomnia merupakan kondisi medis yang menyebabkan seseorang tidak bisa tidur hingga jangka waktu lama dan berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Meditasi berfungsi untuk mengurangi pikiran-pikiran mengganggu yang muncul sebelum tidur yang mana sering jadi penyebab insomnia. Sebuah studi menyebutkan bahwa meditasi mindfulness meningkatkan kualitas tidur seseorang dan mengurangi keparahan insomnia.

 

2. Melawan Kecanduan

Meditasi dapat mengubah reseptor otak yang terkait dengan kecanduan obat dan alkohol, sehingga dapat mengurangi keinginan untuk konsumsi zat-zat ini.  Meditasi dapat meningkatkan kesadaran sehingga memungkinkan kamu untuk mengelola dorongan “kecanduan” lebih baik lagi.

Melatih kesadaran dapat membantu mencegah kekambuhan di masa depan bagi orang-orang dengan gangguan penggunaan zat. Ini karena meditasi bisa menghasilkan efek terapeutik yang membantu mengatur otak saat merasakan kesenangan.

 

3. Melatih Fokus

Meditasi jelas melatih diri untuk fokus—pada diri sendiri, pada pikiran baik, dan pada lingkungan. Dengan meditasi, seseorang dapat meningkatkan kualitas pekerjaannya.

Sebuah studi menyebutkan bagaimana meditasi membantu meningkatkan kualitas perhatian sehingga membantu individu dalam tugas dan aktivitasnya sehari-hari.

Bahkan, diketahui bahwa meditasi juga bisa ‘menyetel ulang’ pikiran yang kacau, penuh kecemasan dan khawatir, serta rentang perhatian yang rendah.

 

4. Mengelola Kecemasan dan Depresi

Meditasi membantu melatih pikiran untuk fokus pada situasi sekarang sehingga kamu tidak akan  berfokus pada kecemasan akan peristiwa yang belum terjadi.

Pada akhirnya, meditasi yang penuh perhatian dapat membantu meredakan kecemasan dan depresi, sehingga dapat menjadi bagian dari rencana perawatan kesehatan mental yang komprehensif.

Terkait dengan manfaatnya meredakan kecemasan, meditasi juga membantu masalah kesulitan tidur, kehilangan nafsu makan, dan suasana hati yang buruk.