Manfaat Makan Kepiting bagi Kesehatan Tubuh

Playxfit – Kepiting merupakan makanan laut atau sea food yang biasanya cukup dihindari. Mengapa? Karena makanan ini terkenal dengan kandungan kolesterolnya yang tinggi dan cara makannya yang sulit. Padahal, ada banyak manfaat kepiting yang baik untuk tubuh. Kandungan nutrisinya juga lengkap sehingga dapat menunjang kesehatan tubuh. Apa saja manfaat dari mengonsumsi kepiting?

1. Memelihara Kesehatan Otak

Pertama, makan kepiting dapat memelihara kesehatan otak. Semakin bertambahnya usia, daya ingat manusa akan mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Maka dari itu, Anda perlu melakukan pencegahan dengan cara mengonsumsi makanan tinggi omega-3. Salah satu makanan yang mengandung nutrisi ini yaitu kepiting. Berdasarkan penelitian, omega-3 yang ada di dalam kepiting diketahui bisa meningkatkan daya ingat, kecerdasan, hingga memelihara kesehatan saraf.

 

2. Mencegah Anemia

Kedua, dapat mencegah anemia. Mengonsumsi daging kepiting secara rutin dapat menurunkan risiko terjadinya kurang darah atau anemia, terutama akibat kekurangan vitamin B12 dan folat. Hal ini karena kepiting mengandung B12 dan asam folat yang cukup tinggi. Kedua nutrisi tersebut berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dan folat, diharapkan tubuh dapat memproduksi sel-sel darah merah baru yang sehat.

 

3. Membantu Memperbaiki Jaringan Tubuh yang Rusak

Kemudian, makan kepiting juga dapat membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak karena kepiting kaya akan protein. Protein sangat penting bagi tubuh untuk menghasilkan energi, memproduksi hormon dan enzim, serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

 

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kepiting lainnya yaitu dapat membantu memelihara kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan kepiting mengandung lemak baik yang berguna untuk kesehatan jantung. Dari penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School, lemak di daging kepiting juga bisa membantu memelihara kolesterol. Dengan demikian, konsumsi kepting dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

 

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kemudian makan kepiting juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Kepiting mengandung selenium yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat memperbanyak jumlah antioksidan untuk mencegah penyakit kronis. Antioksidan ini penting untuk melawan radikal bebas yang berdampak buruk bagi tubuh.