Manfaat Makan Kencur Mentah bagi Kesehatan

Playxfit

1. Antidiabetes

Kandungan flavonoid pada kencur merupakan agen imunomodulatif yang dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh dan merupakan antioksidan yang dapat memperbaiki kerusakan sel pankreas sebagai sel penghasil insulin.

Dengan diperbaikinya sel pankreas, maka akan terjadi penurunan kadar glukosa darah. Kencur dapat berperan sebagai antidiabetes, karena dapat menurunkan kadar glukosa darah, mengontrol berat badan, serta memperbaiki fungsi sel pankreas.

 

2. Menyembuhkan Sariawan

Manfaat makan kencur mentah untuk kesehatan yang pertama adalah dapat menyembuhkan sariawan. Pasalnya rasa hangat dan sifat anti-bakterinya yang dimiliki kencur dipercaya dapat meringankan sariawan.

Manfaat lainnya bisa didapatkan dari kandungan minyak atsiri (borneol, kamfer, sineol, etilalkohol) sehingga dapat dimanfaatkan sebagai peluruh dahak atau pembersih tenggorokan dan masalah tenggorokan lainnya.

 

3. Mengurangi Kolesterol Jahat

Berbagai kandungan yang terdapat di dalam tanaman ini bisa meningkatkan kinerja empedu.

Hal ini terkait erat dengan jumlah kolesterol yang ada di dalam tubuh.

Salah satu bahan jamu, yakni kencur, berfungsi untuk mempromosikan produksi empedudalam tubuh manusia.

Empedu bertanggung jawab dalam penyerapan nutrisi dan menghilangkan toksin, termasuk kolesterol jahat.

Empedu akan bekerja dengan lancar dan menyerap racun, lalu menekan produksi kolesterol.

Bahan herbal ini juga diyakini bisa mengontrol jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

4. Mengobati Infeksi

Manfaat makan kencur mentah untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mengobati infeksi. Terdapat penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Untuk meringankan kondisi penyakitnya, kamu bisa mengonsumsi kencur mentah. Manfaat kencur mentah ini didapatkan dari kandungan zat-zat di dalamnya yang bersifat antibakteri. Zat antibakteri ini bisa melawan infeksi atau berbagai penyakit akibat bakteri.

5. Menaikkan Nafsu Makan

Mungkin kamu pernah mendengar mengenai jamu beras kencur untuk menaikkan nafsu makan. Jamu ini umumnya diberikan kepada anak-anak untuk meningkatkan nafsu makannya.

Hal ini bisa terjadi karena kencur memiliki senyawa carminative. Tanaman ini juga bisa menambah cita rasa dan aroma yang khas pada makanan sehingga bisa menaikkan nafsu makan.