Manfaat Baik Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

Playxfit – Daun kemangi merupakan tumbuhan aromatik yang berasal dari benua Asia dan Afrika. Selain digunakan sebagai campuran masakan, daun yang memiliki rasa sedikit pahit ini juga umum dikonsumsi dalam bentuk teh atau suplemen kesehatan. Hal ini karena daun kemangi dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

1. Melindungi Kulit dari Penuaan

Menurut penelitian yang diterbitkan di DARU Journal of Pharmaceutical Sciences pada 2011, manfaat daun kemangi lainnya adalah berkhasiat untuk melindungi kulit dari efek penuaan. Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan menggunakan ekstrak daun kemangi ke model kulit laboratorium. Hasilnya, ekstrak daun kemangi tampak meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kekasaran dan kerutan. Antioksidan dalam daun kemangi mungkin memiliki efek perlindungan. Hal ini terjadi jika seseorang mengonsumsinya sebagai bagian dari makanan yang bervariasi.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengutip buku “Pemberdayaan Kelurga terhadap Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga)” () oleh I Kadek Dwi Swarjana, daun kemangi mengandung beta karoten. Beta karoten bisa memperkuat respons antibodi yang akan meningkatkan imunitas tubuh kita. Beta karoten juga mendukung sistesis protein, sehingga proses pertumbuhan sel-sel sehat serta perbaikan sel-sel rusak dapat berjalan dengan baik.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Penelitian menunjukkan bahwa daun kemangi mampu mencegah gangguan pencernaan yang timbul akibat adanya luka di lambung. Selain itu, daun kemangi juga dapat menurunkan kadar asam lambung dan meningkatkan pelepasan lapisan lendir yang melindungi dinding lambung.

Daun kemangi juga diketahui dapat mencegah gangguan pencernaan lainnya, seperti diare, disentri, dan mual.

 

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Beberapa praktisi pengobatan tradisionalumumnya merekomendasikan daun kemangi untuk membantu mengatur kadar gula darah.

Sebuah studi di Macedonian Journal of Medical Sciences pada tikus menemukan, bahwa ekstrak daun kemangi dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Selain itu, manfaat daun kemangi lainnya juga dapat membantu mengobati efek gula darah tinggi jangka panjang.