Manfaat Air Lemon Dapat Turunkan Berat Badan

Playxfit – Jeruk lemon merupakan buah dari tanaman Citrus limon. Bentuknya bulat dan agak memanjang. Kulitnya tebal dengan warna kuning cerah. Rasa airnya asam segar. Mengonsumsi air lemon ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehata tubuh kita.

 

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat yang pertama adalah menurunkan kadar kolesterol. Menurut penelitian yang sudah dilakukan, lemon mengandung efek antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Asupan serat dari buah jeruk lemon juga terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Selain itu, minyak esensial dalam lemon dapat melindungi partikel kolesterol LDL (jahat) agar tidak teroksidasi.

 

2. Menurunkan Berat Badan

Selanjutnya, air lemon jika dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan zat polifenol dalam buah lemon dapat membantu menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, buah ino sangat cocok untuk dikonsumsi. Caranya sangat mudah, potong lemon tipis-tipis, kemudian masukkan dalam air yang sudah Anda siapkan.

 

3. Memperlancar Pencernaan

Lemon juga dapat memperlancar saluran pencernaan. Kandungan pektin dalam air lemon dapat mengatasi beragam masalah pada pencernaan, seperti konstipasi. Selain itu, kandungan serat dalam lemon juga dapat memperlambat proses pencernaan karbohidrat dan mencegah kenaikan gula darah secara drastis.

 

4. Mencegah Batu Ginjal

Manfaat yang keempat adalah mencegah batu ginjal. Lemon memiliki konsentrasi sitrat tinggi yang berfungsi sebagai penghambat pembentukan batu ginjal.

Menurut penelitian, minum empat ons jus lemon yang dilarutkan dalam dua liter air per hari, terbukti dapat menurunkan laju pembentukan batu ginjal dari 1,00 menjadi 0,13 pada pasien.

 

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ternyata, lemon juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalam lemon juga dapat melindungi tubuh dari bahaya efek radikal bebas. Bahkan, ada penelitian yang telah menyebutkan bahwa lemon dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker.