Makanan Sehat Ini Dapat Mengatasi Sembelit

Playxfit – Keadaan sulit buang air besar (BAB) atau yang biasanya kita kenal dengan sembelit, pastinya sangat mengganggu aktivitas kita. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit, seperti mengonsumsi beberapa makanan sehat di bawah ini.

1. Apel

Buah apel merupakan salah satu buah yang dapat mengatasi sembelit Anda, karena apel kaya akan serat yang bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan Anda. Satu buah apel berukuran sedang dengan kulit dapat menyediakan 4,4 gram serat, sebagian 2,8 gram merupakan serat tidak larut, dan 1,6 gram merupakan serat larut yang sebagian besar dalam bentuk pektin. Kemudian di dalam usus, pektin tersebut dapat dengan cepat difermentasi oleh bakteri untuk membentuk asam lemak rantai pendek, yang menarik air ke usus besar, melunakkan tinja, dan mengurangi waktu transit tinja di usus.

2. Bayam dan Brokoli

Kedua, Anda dapat mengonsumsi bayam dan brokoli yang juga kaya akan serat untuk melancarkan proses pencernaan Anda. Selain itu, bayam dan brokoli juga mengandung vitamin C, vitamin K, dan folat yang baik bagi tubuh. Satu cangkir bayam dimasak dapat mengandung 4,3 gram serat, atau 17 persen dari jumlah kebutuhan serat harian yang direkomendasikan. Untuk brokoli, mengandung 3,6 gram serat per tangkai (sekitar 150 gram bahan).

 

3. Pepaya

Selanjutnya Anda juga dapat mengonsumsi pepaya. Sudah tidak diragukan lagi khasiat pepaya yang sangat banyak dan salah satunya baik untuk pencernaan. Buah pepaya mengandung enzim papain yang sangat membantu mencerna protein yang masuk ke tubuh, dan melunakkan daging. Kandungan serat dan air yang tinggi dalam pepaya dapat mencegah sembelit, dan meningkatkan keteraturan serta saluran pencernaan yang sehat.

 

4. Roti gandum

Selain buah dan sayur, roti gandung yang tinggi serat ternyata juga dapat membantu mengatasi sembelit. Namun Anda harus mencari roti gandum murni, karena menurut penelitian yang murni lebih efektif mengatasi sembelit. Penelitian sudah dilakukan bahwa orang yang makan roti gandum menunjukkan penurunan 23% gejala sembelit, dibandingkan dengan mereka yang makan roti gandum biasa. Selain itu, tinja mereka juga lebih lunak sehingga mempermudah proses buang air besar.