Makanan Ini Menurunkan Asam Urat Anda

Playxfit РBerbicara mengenai kesehatan, pastinya tidak jarang diantara kita yang mencari cara alami untuk menyehatkan diri dan menyembuhkan penyakit. Gangguan asam urat seringkali dialami oleh orang tua. Kondisi tersebut menyebabkan nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di area persendian. Biasanya asam urat cenderung menyerang laki-laki dibanding wanita. Namun wanita juga bisa terkena asam urat terutama setelah menopause. Ada banyak penyebab mengapa seseorang bisa terserang asam urat, bisa dari riwayat keluarga maupun pola makan yang salah. Untuk mengobati dan mencegah asam urat, kita bisa mengonsumsi makanan-makanan tertentu. Apa saja itu ? Mari kita simak beberapa daftar makanan yang dapat menangani gangguan asam urat.

 

1. Apel

Buah apel merupakan buah yang sangat baik untuk menurunkan asam urat. Kandungan asam malat dalam buah apel dapat menetralkan asam urat dalam aliran darah.

 

2. Terong

Selanjutnya, terong juga aman untuk dikonsumsi karena mengandung purin yang rendah. Purin merupakan senyawa molekul yang ada di dalam tubuh kita yang nantinya berhubungan dengan asam urat. Selain mengandung senyawa purin yang rendah, terong juga memiliki vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh.

 

3. Minyak Zaitun

Bahan makanan ketiga adalah minyak zaitun yang mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu juga mengandung asam lemak tak jenuh. Semua kandungan tersebut dapat menurunkan kadar asam urat Anda. Bagi Anda yang memiliki asam urat yang tinggi, bisa mencoba mencampurkan minyak zaitun dalam masakan Anda.

 

4. Pisang

Buah pisang ternyata mampu membantu menurunkan asam urat karena mengandung mineral potasium, antioksidan, dan vitamin C.

5. Kacang-kacangan

Bagi penderita asam urat pasti sangat disarankan untuk menghindari konsumsi makanan yang mengandung protein hewani. Maka dari itu lebih baik mengonsumsi sayuran dan kacang-kacangan yang juga tinggi serat.

 

6. Ikan Salmon

Kemudian ada ikan salmon yang tinggi asam lemak omega 3 sehingga dapat menurunkan asam urat dengan baik. Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan salmon juga dapat berfungsi untuk meredakan peradagangan dan pembengkakan.

Selain makan-makanan sehat, Anda juga dapat rutin berolahraga untuk menurunkan dan mencegah asam urat Anda.