Makan Kangkung Ternyata Punya Banyak Manfaat

PlayxfitSayuran kangkung pasti sudah tidak asing di kalangan masyarakat Indonesia. Tanaman ini tumbuh di area rawa-rawa. Kangkung merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemui di negara-negara Asia, khususnya di Indonesia. Ternyata kangkung juga memiliki banyak manfaat seperti sayur yang lain, lho !

1. Mengatasi Anemia

Manfaat yang pertama adalah mengatasi anemia. Selain menjaga cairan dan elektrolit, mineral yang terdapat dalam sayur kangkung juga dapat membantu mengatasi gejala anemia. Zat besi dan fosfor di dalam kangkung berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah (hemoglobin). Sel darah merah diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh sel dan organ tubuh Anda.

 

2. Menjaga Kesehatan Mata

Selanjutnya, kangkung juga dapat menjaga kesehatan mata Anda. Mengapa ? Kandungan beta karoten yang cukup tinggi di dalam kangkung dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan. Selain itu, beta-karoten merupakan bahan baku vitamin A dalam tubuh.  Vitamin A ini berperan penting dalam menjaga kejernihan kornea mata, selain itu juga merupakan komponen penting dalam pembentukkan rhodopsin, yaitu protein mata yang berfungsi untuk ketajaman penglihatan di tempat yang minim cahaya.

 

3. Melawan Radikal Bebas

Manfaat yang selanjutnya adalah melawan radikal bebas. Kangkung juga mengandung berbagai macam senyawa tanaman dengan aktivitas antioksidan, misalnya falvonoid, asam palmitat, dan phytol. Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan DNA, sel, jaringan, dan bahkan organ tubuh.

 

4. Mencegah Dehidrasi

Keempat, mengonsumsi kangkung ternyata juga dapat mencegah dehidrasi, lho. Kandungan berbagai mineral, seperti kalium dan natrium di dalam kangkung membuat kangkung baik untuk mencegah dehidrasi. Kedua mineral tersebut bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan cairan dan kadar elektrolit dalam tubuh. Maka dari itu mengonsumsi kangkung dapat mencegah Anda kehilangan terlalu banyak cairan.