Lancarkan Pencernaan dengan Mengonsumsi Pepaya

Playxfit – Pepaya merupakan buah yang sering dikonsumsi orang Indonesia. Bentuknya lonjong dan tidak beraturan. Warna kulitnya hijau bercampur kuning, Setelah dibuka, buahnya berwarna oranye dengan banyak biji di bagian tengahnya. Pepaya termasuk buah yang rasanya manis dengan rendah kalori.

Walaupun terlihat buah yang sederhana, ternyata pepaya mengandung berbagai macam vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kita. Ada vitamin C, A, B1, B5, B3, K, E, serat, kalsium, folat, magnesium, dan asam folat di dalam pepaya.

Semua kandungan tersebut memiliki khasiat untuk banyak organ tubuh kita, terutama untuk melancarkan pencernaan Anda. Namun, juga masih banyak manfaat yang lain, Apa saja ?

 

1. Melancarkan Pencernaan

Seperti yang banyak masyarakat tahu, pepaya sangat manjur untuk melancarkan pencernaan. Pepaya mengandung enzim papain yang dapat mengolah protein sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh Anda. Sangat disarankan untuk dapat mengonsumsi pepaya secara rutin untuk menjaga keshatan lambung, menghilangkan sembelit, dan perut kembung.

 

2. Menjaga Kesehatan Penglihatan

Selain melancarkan pencernaan, pepaya juga dapat menjaga kesehatan penglihatan Anda. Menurut penelitian, pepaya mengandung antioksidan zeaxanthin yang dapat menyaring sinar cahaya biru yang berbahaya. Sehingga mengonsumsi buah pepaya secara rutin dapat melindungi mata dari paparan sinar biru yang berasal dari gadget. Mengapa paparan sinar biru berbahaya? Karena paparan sinar cahaya biru dapat memicu gangguan penglihatan yaitu rabun sampai kebutaan.

3. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat yang selanjutnya adalah pepaya dapat mencegah penuaan dini. Ternyata, enzim papain tidak hanya membantu melancarkan pencernaan, tetapi juga dapat meregenerasi kulit dan melembutkan. Vitamin A dan C dalam pepaya dapat membantu menyamarkan bintik hitam dan kerutan halus di kulit. Selain itu juga dapat merangsang pembentukan kolagen untuk mencegah munculnya keriput.

 

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Pepaya juga dapat menjaga kesehatan jantung. Penelitian membuktikan bahwa kandungan likopen dan vitamin C dapat membantu mencegah penyakit jantung. Antioksidan dalam pepaya juga dapat melindungi jantung dan meningkatkan efek perlindungan dari kolesterol baik (HDL).

5. Mengurangi Risiko Kanker

Tidak hanya gangguan-gangguan kecil saja, pepaya juga dapat mengurangi risiko Anda terkena kanker. Likopen dalam pepaya dapat mengurangi risiko kanker, antioksidan dalam pepaya dapat mengurangi radikal bebas. Pepaya merupakan salah satu buah yang dapat mencegah atau sebagai antikanker payudara.