Lakukan Hal Ini Untuk Atasi Insomnia

Playxfit –  Apakah Anda pernah mengalami kesulitan tidur ? Insomnia merupakan kondisi yang menyebabkan Anda sulit tidur, walaupun memiliki kesempatan dan waktu yang cukup untuk istirahat. Jika Anda mengalami insomnia hanya beberapa kali, mungkin masih biasa dan tidak berbahaya, namun jika Anda sudah kesulitan tidur sejak lama, hal tersebut harus segera diatasi, karena sangat tidak sehat untuk tubuh dan mental Anda.

 

1. Mengatur Jadwal Tidur

Atasi dengan mengatur jadwal tidur Anda dengan benar. Waktu tidur yang berubah-rubah dan tidak konsisten memang dapat memicu insomnia muncul dna menganggu ritme sirkadian yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Anda harus menetapkan jam tidur yang sesuai dengan kebutuhan kualitas istirahat Anda, jangan tidur terlalu malam, agar tubuh dapat beristirahat dengan maksimal. Dengan memiliki jam tidur yang konsisten, niscaya Anda akan terhindar dari insomnia.

 

2. Kamar Tidur yang Nyaman

Kemudian Anda juga dapat menyiapkan atau menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman. Anda dapat mencoba metode sleep hygiene yaitu menempatkan meja belajar, komputer, dan televisi di luar kamar tidur, serta mengatur suhu dan menyesuaikan pencahayaan agar kamar terasa nyaman untuk tidur. Hal ini dilakukan agar aktivitas selain tidur dilakukan di luar kamar. Cara ini dipercaya dapat mengatasi insomnia Anda. Rekomendasi tambahan, Anda dapat memilih bantalyang tidak terlalu tinggi agar leher tidak sakit saat bangun tidur.

 

3. Kurangi Kafein

Anda juga harus mengurangi konsumsi kafein, apalagi sebelum tidur. Kafein biasanya terdapat dalam minuman seperti teh, kopi, atau minuman energi. Menurut penelitian, kafein dapat mengganggu proses tidur dan juga dapat  mencegah tidur nyenyak. Jika di malam hari, Anda mengonsumsi terlalu banyak kafein, jantung akan berdebar lebih kencang, dan Anda akan sulit sekali untuk tidur.

 

4. Berpikir Positif

Untuk mengatasi insomnia Anda juga harus mulai berpikiran positif, mengurangi overthinking, dan bisa menulis kekhawatiran Anda dengan menuliskan di sebuah kertas. Biasanya insomnia diderita oleh orang yang sedang mengalami kecemasan berlebih atau banyak hal yang sedang dipikirkan. Anda dapat mencoba melakukan meditasi agar pikiran lebih tenang dan dapat berpikir lebih jernih serta positif. Jika masih belum kunjung berhasil, Anda dapat mencoba untuk berkonsultasi ke psikiater untuk mengatasi insomnia Anda.