Kopi Hitam dapat Turunkan Berat Badan

Playxfit – Kopi hitam merupakan salah satu minuman terbaik di dunia. Biasanya hanya diseduh dengan air hangat saja rasanya sangat nikmat. Ternyata mengonsumsi kopi hitam bermanfaat bagi tubuh kita dan dapat menurunkan berat badan, lho ! Yuk, kita simak apa saja manfaat dari mengosnumsi kopi hitam.

 

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang pertama, kopi hitam dapat menurunkan berat badan. Kafein di dalam kopi hitam dapat memicu metabolisme tubuh sehingga akan membantu proses pembakaran lemak. Selain itu, dengan mengonsumsi kopi hitam juga dapat mengurangi nafsu makan. Jika Anda minum kopi hitam tanpa gula sebenarnya kandungan kalorinya sama sekali tidak ada, sehingga minum kopi hitam tanpa gula tidak akan membuat Anda bertambah berat badannya.

 

2. Mengandung Antioksidan yang Bermanfaat

Selanjutnya, manfaat minum kopi hitam adalah mengandung antioksidan yang bermanfaat. Kopi mengandung antioksidan yang sangat besar yang biasanya disebut quinines yang dapat membantu seseorang dalam menangani bebagai masalah kesehatan. Antioksidan lain yang ada di kopi adalah hydrocinnamic acid dan polyphenols, yang dapat melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita.

 

3. Mengurangi Risiko Penyakit Demensia

Minum kopi hitam tanpa gula sebanyak tiga hingga lima cangkir per hari pada usia paruh baya ternyata dapat mengurangi risiko demensia sekitar 65% pada usia lanjut. Demensia merupakan gangguan kemampuan untuk mengingat, berpikir, atau membuat keputusan dalam aktivitas sehari-hari. Kandungan kafein dalam kopi hitam mampu meningkatkan produksi faktor perangsang koloni granulosit yang membantu otak agar terhindar dari penyakit demensia.

 

4. Mencegah Diabetes Tipe 2

Anda juga dapat mencegah datangnya diabetes tipe 2 dengan cara mengonsumsi kopi hitam. Mengapa? Karena kafein yang terkandung di dalam kopi dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Selain itu, kandungan kafein dalam kopi juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Penurunan risiko munculnya kedua penyakit ini berhubungan dengan kandungan asam klorogenat yang terkandung di dalam kafein.

 

5. Melancarkan Buang Air Besar

Kemudian, kopi hitam juga dapat melancarkan buang air besar. Menurut penelitian. wanita yang minum kopi cenderung tidak mengalami sembelit. Kopi dapat merangsang pergerakan otot-otot di usus besar yang mendorong peristaltik, sehingga menyebabkan buang air besar, sehingga meningkatkan sistem pencernaan dan ekskresi.