Konsumsi Lobak Putih Dapat Turunkan Berat Badan

Playxfit – Lobak merupakan sayuran yang rendah kalori, namun kaya serat, mineral, dan vitamin, seperti vitamin C. Hal ini menjadikan manfaat lobak baik untuk menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, dan menjaga kesehatan jantung. Yuk,faat lobak simak manfaat lobak selengkapnya.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pertama, mengonsumsi lobak membantu menurunkan berat badan Anda. Mengapa? Karena lobak rendah kalori dan berserat tinggi, seperti lobak putih, bisa membantu menurunkan berat badan atau menjaga berat badan sehat.

Lobak putih dianggap sebagai sayuran non-tepung, yang artinya memiliki karbohidrat yang rendah. Penelitian sudah menunjukkan bahwa makan sayuran non-tepung dapat membantu mencapai berat badan yang sehat. Kandungan serat yang tinggi dapat mengurangi rasa lapar dengan memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang.

 

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kedua, lobak dapat mengontrol kadar gula darah. Berbagai senyawa kimia di dalam lobak seperti glukosinolat dan isothiocyanate, dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini karena lobak dapat memperbaiki kinerja hormon insulin, sehingga baik untuk penderita diabetes sekaligus untuk mencegah resistensi insulin. Lobak juga tergolong sebagai makanan dengan indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak cepat meningkatkan kadar gula darah.

 

3. Melancarkan Pencernaan

Selanjutnya, makan lobak dapat melancarkan pencernaan. Ekstrak atau jus lobak putih juga sudah terbukti memiliki enzim yang mirip dengan yang terdapat di saluran pencernaan manusia, termasuk amilase dan esterase. Enzim-enzim tersebut dapat mempermudah pencernaan karbohidrat kompleks, protein, dan lemak yang lebih efisien. Dengan begitu, mengonsumsi sayuran ini dapat membantu mencegah sembelit, dan meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi di usus.

 

4. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Nah, ternyata mengonsumsi lobak juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Senyawa isothiocyanate, flavonoid, dan sulforaphane dalam lobak tidak hanya bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah, tetapi juga memiliki sifat antikanker. Penelitian membuktikan bahwa zat-zat tersebut dapat menghambat pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker hati, dan kanker prostat.