Konsumsi Kacang Merah dapat Menjaga Kesehatan Jantung Anda

Playxfit –  Phaseolus vulgaris atau biasa kita sebut kacang merah merupakan jenis biji-bijian yang mudah ditemukan di banyak tempat. Kacang merah juga mengandung beragam nutrisi yang juga tak kalah penting, seperti karbohidrat, lemak, serat, vitamin B, folat, serta mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi. Maka dari itu, mengonsumsi kacang merah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaatnya?

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Pertama, mengonsumsi kacang merah dapat menjaga kesehatan jantung. Kacang merah merupakan sumber protein yang bebas kolesterol dan rendah lemak. Dalam 100 gram kacang merah mengandung 20 gram protein, dimana sangat mencukupi 40% kebutuhan protein harian Anda.

Serat larut yang terkandung dalam kacang merah juga bertanggung jawab untuk menyeimbangkan kadar kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

Selain itu, makan kacang merah juga dapat mengendalikan tekanan darah Anda karena kandungan mineral seperti folat, kalsium, magnesium, dan kalium mampu menekan kadar homosistein dalam di dalam darah. Homosistein merupakan salah satu zat pemicu munculnya penyakit jantung koroner.

 

2. Mengontrol Gula Darah

Kedua, kacang merah dapat mengontrol gula darah Anda. Menurut penelitian, kacang merah memiliki indeks glikemik rendah, sehingga dapat membantu penderita diabetes tipe 2 untuk mengendalikan kadar gula darah dan efektivitas kerja insulin dalam tubuh.

 

3. Menurunkan Berat Badan

Kemudian, dengan mengonsumsi kacang merah juga dapat menurunkan berat badan. Diet yang sehat dan benar adalah dengan memenuhi beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk protein dan serat, memerhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi, serta menghindari konsumsi lemak jenuh dan gula.

Kacang merah ternyata dapat memenuhi diet sehat tersebut, karena kandungan seratnya yang tidak larut sehingga melancarkan pencernaan.

 

4. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Ternyata kacang merah juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh Anda. Salah satu sel kanker yang dicegah adalah kanker usus besar. Selain itu, kandungan antioksidan dalam kacang merah juga sangat bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh Anda.