Khasiat Mengkonsumsi Madu untuk Kesehatan Tubuh

Playxfit – Madu merupakan bahan alami yang memiliki rasa manis yang dihasilkan oleh lebah dari nektar atau sari bunga atau cairan. Madu ini diolah menjadi cairan yang bisa kita konsumsi sehari-hari.  Bahan alami ini memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja ya khasiatnya?

1. Meredakan Batuk

Madu ternyata dapat meredakan batuk. Rasa madu yang manis dapat memicu produksi air liur untuk melembapkan tenggorokan yang kering sehingga gatal pada tenggorokan saat batuk akan berkurang.  Kandungan berbagai antioksidan pada madu juga sangat bermanfaat untuk meredakan peradangan yang bisa memicu batuk.

 

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Khasiat yang kedua, madu dapat meningkatkan imunitas tubuh Anda dengan meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh. Nutrisi dan vitamin dalam madu baik untuk menjaga imunitas tubuh. Maka dari itu, konsumsi madu secara rutin dapat menjaga tubuh kita tetap fit.

 

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung juga bisa dijaga dengan mengonsumsi madu. Senyawa fitonutrien pada madu dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis.

 

4. Mengurangi Berat Badan

Selanjutnya, madu juga dapat mengurangi berat badan, lho ! Konsumsi madu sebelum tidur akan berkhasiat untuk menurunkan berat badan Anda. Mengapa? Karena madu dapat membakar lemak dengan cepat, sekaligus meningkatkan fungsi hati. Selain itu, madu yang dikonsumsi sebelum tidur dipercaya dapat mengurangi nafsu makan.

 

5. Menangkal Radikal Bebas

Madu juga bisa menangkal radikal bebas. Senyawa fitonutrien dan sejumlah vitamin pada madu merupakan antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan ini sangat berguna untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang disebabkan oleh aktivitas oksidasi.

 

6. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Terakhir, madu dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak. Konsumsi madu sebelum tidur akan membuat tidur semakin nyenyak. Kandungan insulin dalam madu murni dapat meningkatkan kualitas tidur. Bagi Anda yang insomnia, Anda dapat mengonsumsi madu murni agar dapat tidur dengan nyenyak.