Khasiat Lidah Buaya untuk Atasi Wasir

Playxfit – Apakah Anda pernah mengalami wasir? Penyakit ini terjadi ketika vena membengkak dan meradang di rektum serta anus yang menyebabkan ketidaknyamanan dan perdarahan. Wasir biasanya terjadi karena mengejan saat buang air besar, obesitas, atau kehamilan. Lantas bagaimana cara mengatasi wasir dengan mudah ?

1. Kompres Dingin

Pertama, Anda dapat menggunakan kompres dingin untuk mengobati wasir Anda. Caranya sangat mudah yaitu tempelkan kantong es atau kompres dingin ke anus untuk meredakan pembengkakan selama 15 menit, terus ulangi lagi jika rasa tak nyaman mulai kambuh. Untuk wasir yang parah, kompres dingin bisa menjadi pengobatan yang sangat efektif. Selalu bungkus es di dalam kain atau handuk, dan jangan pernah mengoleskan sesuatu yang beku langsung ke kulit.

 

2. Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa menjadi obat wasir yang efektif. Gel lidah buaya sering digunakan untuk mengobati wasir dan berbagai kondisi kulit. Lidah buaya diperkirakan memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi iritasi. Lebih baik menggunakan gel lidah buaya dari tanaman aslinya. Namun perlu diperhatikan bahwa ada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap lidah buaya, terutama mereka yang alergi terhadap bawang putih atau bawang merah.

 

3. Tisu Khusus

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan tisu khusus saat wasir menyerang. Penderita wasir dapat menggunakan tisu lembut yang bisa digunakan untuk cebok tanpa menyebabkan iritasi lebih lanjut. Pastikan tisu tersebut tidak mengandung alkohol, parfum, atau bahan iritan lainnya, karena zat-zat ini dapat memperparah gejala alih-alih menghilangkannya.

 

4. Garam Epsom

Lalu, Anda juga bisa mencoba mandi air hangat dengan garam Epsom. Ternyata, mandi air hangat dapat membantu meredakan iritasi akibat wasir. Penderita cukup duduk di ember berisi air hangat yang telah dicampur dengan garam Epsom selama 15-20 menit. Menambahkan garam Epsom ke dalam ember atau bak mandi dapat memberikan kelegaan lebih lanjut dengan mengurangi rasa sakit.

 

5. Witch Hazel

Terakhir, Anda dapat mengoleskan witch hazel untuk mengurangi rasa gatal dan nyeri sebagai dua gejala utama wasir. Witch hazel adalah anti-inflamasi alami, sehingga juga bisa mengurangi peradangan.