Khasiat Konsumsi Dada Ayam untuk Kesehatan

Playxfit – Pernahkah Anda disarankan untuk lebih memilih mengonsumsi dada ayam dibanding bagian yang lain? Sebenarnya apa saja ya khasiat mengonsumsi dada ayam?

1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Manfaat yang pertama adalah menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh Anda. Tahukah Anda bahwa kolesterol dan lemak jenuh yang ditemukan pada daging merah relatif tinggi dibandingkan dengan dada ayam. Makan dari itu dada ayam dapat mengurangi risiko kolesterol tinggi dan berbagai jenis penyakit jantung yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam tubuh kita.

 

2. Membangun Massa Otot

Mengonsumsi dada ayam dapat membangun atau meningkatkan massa otot. Kandungan protein dalam dada ayam akan diolah menjadi asam amino, yang kemudian akan membentuk sel-sel dan jaringan tubuh, termasuk jaringan otot. Hal ini yang menjadi alasan mengapa para atlet atau orang yang sedang membangun massa dan kekuatan otot mengonsumsi dada ayam.

 

3. Meningkatkan Metabolisme

Selanjutnya, Anda dapat meningkatkan metabolisme dengan mengonsumsi dada ayam. Dengan mengonsumsi makanan tinggi protein, seperti dada ayam, tubuh akan membakar sekitar 80 kalori lebih banyak.

Namun, Anda juga harus terus berolahraga untuk menurunkan berat badan Anda. Mulailah dari olahraga yang ringan seperti berjalan santai, joging, atau bersepeda. Anda juga bisa mencoba olahraga intensitas tinggi yang dapat membakar banyak kalori.

 

4. Antidepresan Alami

Khasiat selanjutnya dari mengonsumsi dada ayam adalah antidepresan yang alami. Dada ayam mengandung asam amino yang dikenal sebagai triptofan, yang dapat membuat tubuh rileks seketika. Makan dada ayam akan meningkatkan kadar serotonin otak dan dengan demikian memperbaiki mood serta menghilangkan stress, lho.

 

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Terakhir, Anda dapat menjaga kesehatan tulang Anda dengan mengonsumsi dada ayam. Seiring bertambahnya usia, tulang dapat mudah keropos, maka dari itu membutuhkan makanan yang kaya kalsium dan protein.

Menurut penelitian, tercukupinya asupan protein dalam tubuh dapat menjaga kepadatan tulang dan menurunkan risiko terjadinya osteoporosis pada lansia, terutama wanita yang telah menopause.

Maka dari itu, dada ayam dapat menyumbang protein dan kalsium yang dibutuhkan tubuh kita.