Kacang Hijau Menyehatkan Pencernaan

Playxfit – Kacang hijau merupakan salah satu jenis biji-bijian yang paling familiar dengan kita. Kita semua sudah tahu bahwa kacang hijau memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Kacang hijau mengandung kalsium, kalium, zat besi, fosfor, magnesium, mangan, selenium, dan berbagai vitamin. Maka dari itu, kacang hijau sangat bermanfaat bagi tubuh.

1. Mengurangi Tekanan Darah

Pertama, dengan mengonsumsi kacang hijau akan mengurangi tekanan darah. Seperti yang kita ketahui bahwa tekanan darah tinggi sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian jika sangat parah. Dengan mengonsumsi kacang hijau dapat mencegah tekanan darah tinggi karena mengandung potasium, magnesium, dan serat yang bisa menurunkan tekanan darah secara signifikan.

 

2. Menjaga Berat Badan

Kedua, kacang hijau juga dapat menjaga berat badan. Kacang hijau dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga dapat mengontrol nafsu makan dan mencegah Anda makan secara berlebihan. Jadi, jika Anda sedang diet, kacang hijau bagus untuk dikonsumsi.

 

3. Antioksidan

Selanjutnya, kacang hijau mengandung banyak antioksidan sehat, termasuk asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat yang dapat membantu menetralkan molekul yang berpotensi sebagai radikal bebas.

 

4. Menjaga Stamina Tubuh

Kacang hijau juga bisa menjaga stamina tubuh kita masing-masing. Dengan mengonsumsi kacang hijau dapat menambah energi kita karena mengandung karbohidrat kompleks, sehingga Anda semakin semangat menjalani aktivitas.

 

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dengan mengonsumsi kacang hijau, Anda juga sudah berperan dalam menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat di dalamnya yang disebut pektin dapat membantu menjaga kesehatan usus dan mempercepat pergerakan makanan melalui usus. Selain itu kacang hijau juga mengandung pati resisten yang berfungsi menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam pencernaan kita.

 

Kacang hijau dapat dikonsumsi dengan berbagai cara dan tidak sulit kita temukan. Bisa dibuat minuman, isian dalam roti, bubur, dan masih banyak lagi.