Jaga Pola Makan Saat Lebaran

Playxfit – Setelah sebulan berpuasa, kini saat nya kita menyabut hari kemenangan atau biasa kita sebut Hari Raya Idul Fitri. Lebaran merupakan momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan saling bermaaf-maafan.

Biasanya, di rumah akan penuh dengan masakan khas lebaran dari daerah masing-masing, dan menu yang selalu ada biasanya ketupat atau lontong opor. Selain itu pasti ada berbagai macam kue kering, makanan ringan, minuman manis yang dingin, dan masih banyak lagi.

Pastinya kita akan kalap saat lebaran setelah sebulan menahan lapar dan dahaga. Berkumpul dan makan bersama keluarga menjadi hal yang utama saat lebaran.

Nah, apakah Anda juga sering kalap saat lebaran? Rasanya ingin makan semua yang dihidangkan di meja makan. Namun di lain sisi, takut jika badan menjadi kurang sehat karena terlalu banyak makan. Berikut ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan.

1. Makan Secukupnya

Tips yang pertama adalah makanlah secukupnya. Anda boleh menyantap berbagai menu yang ada, tetapi ambil secukupnya sesuai kemampuan perut Anda. Makan sedikit demi sedikit, jangan biarkan perut Anda kekenyangan.

Jika Anda nantinya kekenyangan, perut akan terasa begah dan tidak nyaman. Selain itu, jika Anda mengambil banyak makanan, kemudian tidak menghabiskannya, sama saja Anda membuang-buang makanan.

 

2. Kurangi Makanan Berlemak

Kedua adalah kurangi makan makanan yang berlemak. Menu utama pada saat kebaran biasanya makanan yang dimasak menggunakan santan dan tidak lupa ada gorengan. Anda sangat diperbolehkan untuk menikmati makanan pada saat lebaran, tapi jika ingin badan tetap sehat, kurangi menyantap makanan yang mengandung banyak lemak.

Jika terlalu banyak lemak yang menumpuk di dalam tubuh akan menyebabkan lemak susah dikeluarkan dan berat badan bertambah.

 

3. Batasi Makanan Manis

Selain makan makanan berlemak, tidak ketinggalan pasti tersedia berbagai makanan dan minuman manis menemai hari lebaran bersama keluarga.

Salah satu penyebab naiknya berat badan adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Minum dan makan makanan manis sewajarnya saja, agar badan tetap sehat.

 

4. Jangan Makan Larut Malam

Saat berkumpul bersama keluarga, biasanya kita akan merasa nyaman dan lupa waktu, sehingga berkumpul sampai larut. Jika keadaanya seperti itu, jangan makan terlalu banyak hingga larut malam, karena makanan akan sulit dicerna pada saat kita tidur.