Jaga Kesehatan Fisik dan Mental dengan Zumba

Playxfit – Saat ini, menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat krusial. Kesehatan fisik sama pentingnya dengan kesehatan mental. Anda harus melakukan aktifitas yang positif, salah satunya adalah zumba. Jika Anda bosan melakukan olahraga kardio, mungkin zumba bisa menjadi pilihan yang tepat agar tidak bosan dalam berolahraga, karena Anda dapat menikmati musik dan berbagai gerakan dinamis dalam zumba. Lalu, apa saja manfaat zumba bagi kesehatan kita?

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Pertama, zumba dapat menjaga kesehatan jantung. Ketika melakukan senam zumba, detak jantung akan meningkat dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen pun akan meningkat. Maka dari itu, zumba dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

 

2. Meredakan Stres

Selanjutnya, zumba dapat meredakan stress yang sedang Anda derita. Zumba dapat membantu meningkatkan aktivitas senyawa kimia di otak yaitu endorfin. Senyawa tersebut dapat membantu memicu rasa senang dan euforia. Rasa senang akibat peningkatan endorfin ini mirip dengan merasa bahagia saat tertawa. Setelah melakukan zumba, tubuh Anda akan merasa lebih tenang dan hormon kortisol serta adrenalin akan menurun. Dengan melakukan gerakan zumba yang dinamis dan mendengarkan musik up-beat. pasti akan membuat Anda jauh lebih bahagia.

 

3. Menurunkan dan Menjaga Berat Badan

Olahraga zumba juga pastinya dapat menurunkan dan menjaga berat badan agar tetap seimbang. Menurut penelitian, zumba selama 30 menit setiap harinya dapat membakar sekitar 9,5 kalori per menit. Maka dari itu, jika Anda ingin menurunkan berat badan, cobalah olahraga zumba. Selain itu Anda juga tetap harus menjaga pola makan agar tetap sehat dan seimbang.

 

4. Menjaga Kesehatan Mental

Menurut penelitian dari Eropa, zumba selama 12 minggu berturut-turut mampu meningkatkan kinerja memori. Zumba melibatkan koordinasi gerak, keseimbangan, dan irama musik sehingga merangsang aktivitas saraf. Hasilnya, kemampuan kognitif dan memori pun meningkat. Melakukan zumba juga dapat menurunkan kadar stress yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental.

 

5. Meningkatkan Sosialisasi

Selanjutnya, zumba juga dapat meningkatkan kadar sosialisasi atau interaksi Anda. Mengapa? Karena biasanya olahraga zumba dilakukan secara kelompok yang terdiri dari beberapa orang dan instruktur, sehingga tidak hanya berolahraga, tetapi Anda juga bisa menambah jejaring sosial.