Ini Dia Manfaat Makan Udang dengan Kulitnya !

Playxfit – Pecinta seafood pasti sudah tidak asing lagi dengan udang. Hewan laut ini sangat enak diolah menjadi makanan apapun, direbus, goreng, panggang, maupun bakar. Saat Anda memakan udang, apakah Anda membuang kulitnya atau ikut memakannya juga? Sebagian besar pasti membuang kulit tersebut, karena selain sulit dikonsumsi, kulitnya jika tidak hati-hati dimakan juga bisa melukai tenggorokan. Namun, ternyata kulit udang memiliki berbagai nutrisi yang baik, seperti protein, kalsium, zat besi, zinc, vitamin B12, dan banyak lagi. Nah, apa sih makan udang dengan kulitnya? Mungkin setelah ini Anda akan menemukan kebiasaan baru yaitu makan udang dengan kulitnya.

1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat yang pertama, ternyata kulit udang dapat menurunkan kolesterol. Menurut penelitian, kandungan kitosan dalam kulit udang ternyata mampu membantu menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol yang lebih rendah diketahui baik untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung. Dalam penelitian tersebut, ekstrak kitosan dalam kulit udang yang diberikan dalam bentuk suplemen tambahan makanan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan koelsterol baik pada hewan penelitian. Dengan begitu akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.

 

2. Menjaga Kesehatan Otak

Kedua, kulit udang bisa menjaga kesehatan otak. Ada dua zat gizi penting yaitu kolin dan astaxanthin. Kolin bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan, mencegah dan mengurangi gejala demensia, serta memperbaiki kondisi otak pasca stroke. Sedangkan astaxanthin didapat dari proses mengekstrak kulit udang. Zat ini sangat penting dalam mengurangi stres oksidatif di dalam tubuh. Kinerjanya dalam menanggulangi stres oksidatif ini sama hebatnya dengan vitamin E. Astaxanthin juga dapat mencegah cedera otak, meningkatkan kognisi, memperbaiki memori, dan mencegah kemunduran fungsi otak.

 

3. Memperkuat Tulang dan Sendi

Kemudian makan udang dengan kulitnya juga dapat memperkuat tulang dan sendi, lho. Kandungan kalsium, fosfor, selenium, dan magnesium di dalam kulit udang akan membantu menjaga kepadatan tulang. Selenium juga merupakan salah satu zat yang berguna untuk menjaga kesehatan persendian.

 

4. Merawat Kesehatan Kulit 

Keempat, ternyata kulit udang dapat merawat kesehatan kulit. Sebuah penelitian dalam jurnal yang menunjukan manfaat nanopartikel kitosan dalam kulit udang berpotensi menjadi bahan untuk produk skincare. Nanopartikel kitosan dalam kulit udang juga terbukti mampu membantu meregenerasi kulit dan mengurangi keriput, sehingga cocok sebagai perawatan kulit anti-penuaan.