Hilangkan Risiko Kanker dengan Minum Kopi

Playxfit – Kopi merupakan minuman yang sekarang banyak digemari masyarakat dari semua kalangan, dari usia muda sampai tua, semuanya menggemari minuman yang satu ini. Sekarang juga ada banyak sekali kedai kopi di Indonesia. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat dari mengonsumsi kopi.

 

1. Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson

Minum kopi dapat mengurangi risiko penyakit parkinson. Penyakit parkinson adalah gangguan pada sistem saraf yang dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam mengendalikan gerakan dan keseimbangan. Dalam suatu penelitian, ditemukan bahwa mengonsumsi minuman berkafein dapat mengurangi risiko terkena penyakit parkinson. Di samping itu, kopi juga berpotensi membantu pengidap penyakit parkinson mengontrol gerakan secara lebih baik.

 

2. Menurunkan Berat Badan

Kedua adalah menurunkan berat badan dengan minum kopi atau bahkan mempertahankan berat badan yang ideal. Ada sebuah penelitian yang mengamati perbandingan frekuensi minum kopi antara individu yang ingin menurunkan berat badan dengan yang tidak. Hasilnya, mereka yang ingin menurunkan berat badan dilaporkan minum lebih banyak kopi dan minuman berkafein daripada mereka yang tidak.

Kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakar lemak. Ini adalah salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan efek ini berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

 

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Ketiga, kopi dapat menjaga kesehatan jantung. Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki banyak efek positif pada otak, seperti meningkatkan kewaspadaan, membantu konsentrasi, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi risiko depresi.

 

4. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat keempat adalah mengurangi risiko kanker. Kandungan kafein dalam kopi dapat mengganggu perkembangan kanker, mulai dari permulaan sel hingga kematiannya. American Cancer Society juga menyebutkan bahwa terdapat beberapa penelitian yang membuktikan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi pada kopi berpotensi menurunkan risiko kanker, seperti kanker prostat, hati, endometrium, mulut, dan tenggorokan. Jadi, ternyata ada berbagai manfaat dari kopi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Namun, perlu diperhatikan juga, minum kopi dengan terlalu banyak gula juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.