Diet yang Paling Baik untuk Anda

Playxfit – Banyak orang melakukan diet untuk menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap sehat, atau terkadang karena terserang suatu penyakit yang kemudian menyebabkan penderitanya harus diet.

Ada banyak sekali jenis diet yang bisa Anda ikuti. Namun tidak semua sesuai dengan kebutuhan tubuh dan keseimbangan kesehatan Anda. Bahkan sering kali, banyak orang salah mengartikan diet sebagai hari-hari tanpa menyantap makanan. Tubuh tetap harus terisi ketika Anda sedang melakukan diet, karena esensi diet tidak hanya langsing, namun untuk kesehatan tubuh Anda.

Berikut ada saran beberapa jenis diet untuk Anda yang mungkin sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

 

1. Diet Paleo

Jenis diet yang pertama adalah diet paleo. Diet ini mengikuti kebiasaan diet orang-orang pada masa Paleolitik yaitu sekitar 2,5 juta sampai 10.000 tahun yang lalu.

Sesuai dengan namanya, paleo, manusia purba, diet ini merupakan metode diet yang mengonsumsi makanan yang dapat diburu atau dipancing, contohnya daging merah, makanan laut, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, sayuran, tanaman herbal, rempah-rempah.

Semua makanan yang dikonsumsi dalam diet ini merupakan makanan yang memiliki protein tinggi, rendah karbohidrat, dan menghindari makanan olahan dan kemasan.

 

2. Zone Diet

Kedua adalah Zone diet yang menekankan pada keseimbangan nutrisi dan jumlah kalori yang kita konsumsi. Lebih sederhananya, diet yang memanfaatkan perbandingan rasio asupan makanan setiap harinya, biasanya 40% Karbohidrat, 30% Protein dan 30% Lemak.

Diet ini bertujuan untuk mengontrol kadar insulin darah yang berdampak baik untuk berat badan Anda.

Cara untuk melakukan Zone diet ini adalah bagi piring Anda menjadi 3 bagian,  1/3 bagian diisi dengan makanan tinggi protein-rendah lemak seperti ikan, ayam, tahu. Kemudian 2/3 bagian piring dapat diisi dengan sumber karbohidrat berkualitas baik yang belum diproses seperti sayuran dan buah-buahan.

3. Diet Tinggi Protein

Selanjutnya adalah diet tinggi protein, dimana Anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan protein yang tinggi seperti daging merah dan produk susu berlemak serta mengurangi karbohidrat dari biji-bijian, buah, sayuran, dan sereal. Dengan begitu, berat badan Anda akan lebih cepat turun. Namun, karena diet ini hanya mementingkan proteinnya saja, Anda harus mengatur asupan gizi dengan seimbang. Jika mengalami kesulitan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi dalam menemukan formula diet yang tepat.